Sunday, December 3, 2017

Pentingnya Gizi Dalam Keadaan Alami Untuk Tumbuh Kembang Anak

Posted by Kania Safitri at 3:24 AM
Hello Mom…

Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang harus dilakukan orangtua, salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi yang sesuai bagi anak. Makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami berperan penting bagi tumbuh kembang anak karena dapat memberikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat diserap dengan lebih baik oleh sistem pencernaan. Seperti telah diketahui, sitem pencernaan sendiri merupakan dasar bagi sistem imun yang kuat yang tentunya penting untuk menjaga agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.
Senang sekali aku sebagai orang tua yang memiliki 2 anak  diundang oleh Blogger Perempuan ke acara Mom Blogger Gathering Friso yang membahas tentang Gizi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam yang diadakan pada hari Sabtu 2 Desember 2017 di Kembang Kencur Resto – Jakarta.
Acara dipandu oleh MC yang lucu dan membuat suasana jadi terasa menyenangkan. Lalu dilanjutkan oleh sambutan dari  ibu Yuniastuti Kusuma Putri selaku Head of Marketing Friso. Acara ini menghadirkan pembicara langsung dari para ahlinya yaitu dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK sebagai dokter spesialis gizi klinik, dr. Aulia Fitri Swity, SpA, Mkes sebagai dokter spesialis anak dan dr. Rulli P.A Situmorang sebagai Medical Marketing Manager Friso.
MC
Yuniastuti Kusuma Putri selaku Head of Marketing Friso

Kemudian dilanjutkan oleh dr. Diana F. Suganda, Mkes, SpGK menjelaskan tentang Pentingnya Nutrisi yang Tepat Dalam Masa Tumbuh Kembang Anak. Status gizi anak dalam masa pertumbuhan berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial, dan juga mental.
dr. Diana F. Suganda, Mkes,SpGK sebagai dokter spesialis gizi klinik
Pada masa tumbuh kembang anak dibutuhkan beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein dan lemak.
- Karbohidrat sebagai sumber energi
- Protein untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengatur proses metabolisme tubuh.
- Lemak untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengatur proses metabolisme tubuh.

Sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari bermacam-macam jenis pangan. Mikronutrient zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, tapi sangat penting dalam metabolisme tubuh. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan. dr. Diana juga mengatakan bahwa nutrisi dalam keadaan alami bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil karena nutrisi tersebut dapat terserap dengan sempurna. Karena mudah dicerna maka proses penyerapannya juga berjalan dengan baik. Seluruhnya dapat diserap. Untuk itu, para orang tua sebaiknya mulai mencermati hidangan makanan dan minuman untuk si Kecil dan pilihlah yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami.
Mom tau gak siy apa maksud dari makan dan minuman yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami? Dapat dikatakan makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya utuh terjaga. Hal ini dapat dilihat dari proses pengolahannya. Contohnya, sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya banyak yang hilang. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang harus dimasak lebih lama, misalnya daging. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang harus dimasak lebih lama, misalnya daging. Memasak daging harus hingga benar-benar matang karena kalau tidak maka bakteri-bakteri yang ada didalamnya belum seluruhnya mati.

Tips menjaga kandungan nutrisi alami dalam bahan makanan.
Mengolah makanan :
- Protein : mengurangi digoreng deep fried, lebih baik kukus, rebus, tumis, pepes, panggang
- Sayuran : rebus jangan terlalu lama (overcooked à vit berkurang), kukus, tumis sedikit minyak
- Susu : pilih susu dengan protein dalam bentuk alami
Biasanya di usia dini, susu menjadi asupan nutrisi yang sering dipilih. Carilah susu yang kandungan proteinnya utuh da tidak rusak. Untuk makanan atau minuman kemasan atau siap saji, perhatikan saja informasi nilai gizi produk tersebut; apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak atau tidak.

Menurut dr. Aulia Fitri Swity, SpA sebagai dokter spesialis anak juga menjelaskan tentang peranan nutrisi & kesehatan pencernaan terhadap tumbuh kembang anak. Sistem pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakanannya untuk memastikan tubuh bekerja.  Makanan dan minuman dengan  nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan kita menyerap lebih mudah, dan resiko terjadinya masalah pencernaan menjadi lebih kecil.
dr. Aulia Fitri Swity, SpA, Mkes sebagai dokter spesialis anak
Masalah-masaah pencernaan pada anak ternyata dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan menghambat anak mencapai kemampuan optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Berbagai penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare adalah contoh gangguan kerja sitem pencernaan yang perlu ditindaklanjuti. Bila Si Kecil sering terkena gangguan pencernaan, tentu waktu mereka untuk bermain, mengeksplorasi berbagai hal, dan belajar hal-hal lain dalam tahap awal kehidupan mereka jadi terbatas. Pastinya kita sedih melihat amak yang seharusnya bisa lari, bermain dan belajar akhirnya hanya bisa menghabiskan waktu dengan berdiam diri karena gangguan pencernaan. Maka dari itu, jangan sepelekan pentingnya kesehatan sistem pencernaan. Pilihlah asupan yang membuat anak kuat dari dalam.

Agar pencernaan anak sehat :
- Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas bagi anak
- Terapkan gaya hidup bersih dan sehat dalam keseharian
- Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi

Asupan nutrisi yang berkualitas pada jaman dahulu kita kenal 4 sehat 5 sempurna namun saat ini adalah Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yaitu prinsip dasarnya hampir serupa, namun diperbaharui dengan beberapa hal.

Untuk membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembangnya, FrieslandCampina, perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan produk susu premium Friso yang memiliki beragam keunggulan. dr. Rulli P.A Situmorang mengatakan, Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature Science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina.
dr. Rulli P.A Situmorang sebagai Medical Marketing Manager Friso
Dalam konsep tersebut Friso menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga. 
Selain itu, Friso diproduksi dengan mengguankan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap  oleh anak, mengingat protein adalah zat gizi penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral, menjadikannya susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di kecil. Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi kami ini, maka Friso dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan aktifitas seru yang menambah pengalaman mereka.
Manfaat susu bagi anak :
- Sebagai pelengkap nutrisi harian , susu memiliki beberapa manfaat :
- Kandungan gizi relatif lengkap à sumber protein, kalsium, dll
- Mudah dicerna
- Rasa enak / lezat
Mom... jangan lupa ya...
- Penting untuk memantau tumbuh kembang anak sehingga anak Indonesia menjadi sehat dan sejahtera
- Nutrisi dan pencernaan saling berkaitan dalam mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal
- Pastikan memberikan makanan yang sehat, lengkap, seimbang, dan berkualitas untuk membuat anak kuat dari dalam
Oya Mom sekarang juga ada aplikasi digital resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia  (IDAI) untuk pemantau tumbuh kembang & kesehatan anak usia 0 – 18 tahun demi mewujudkan generasi PRIMA.
Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)
  

25 comments:

Tira Soekardi said...

makasih sharingnya

Marga Apsari said...

Semoga nanti kalau aku jadi ibu juga banyak acara-acara sharing masalah parenting gini :))

Stefanny Fausiek said...

Anakku setelah lepas dot udah ga mau minum susu. Padahal susu penting ya

Anastasye Natanel said...

Banyak foto juga ya ternyata kemarin. :)))

wawaraji said...

Ah aku punya kenangan dg Friso. Tips kak Kania penting bgt tuh selain penuhi nutrisi, penting banget imunisasi.

Uli Hape said...

acaranya keren ya banyak ilmu dna banyak hadiah hehe

ucig said...

Nutrisi untuk anak2 memang harus terpenuhi yaa maak. PR daku masih banyak nih. Makasih yaaa postingannya

Elly Nurul said...

Anak memang titipan yg paling berharga sekaligus ujian ya.. Anak sehat merupakan sampan setiap orang tua. Tips merawat sistem pencernaan anaknya sangat bermanfaat! Thanks for sharing ya

turiscantik.com said...

Aku juga selektif dalam memilih susu anak mbak. Kandungan Friso cocok buat anakku.

Amallia Sarah said...

Betul mba Kania... Susu ga bisa asal. Harus selektif. Apalagi buat anak ya ...

Novitalevi said...

Bagus acaranya bnyak pengetahuan tambahan y buat para mom.

Ria Bilqis said...

Selain memberikan asupan gizi sesuai pedoman gizi seimbang, pemilihan susu juga harus tepatnya Moms .

Hanni Handayani said...

disaat pertumbuhan perlu asupan gizi yang lengkap biar tumbuh kembang anak baik

Gita siwi said...

Senang ya sebagai orang tua ada nutrisi yang melengkapi kebutuhan anak untuk masa tumbuh kembangnya

D. Pusupa said...

Kalau melihat anak-anak malnutrisi rasanya ikut sedih meski bukan anak sendiri. Mudah-mudahan Friso punya cSR memberikan nutrisi bergizi bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

windhu said...

Makronutrient dan dan mikronutrient berpada sempurna dalam sebuah susu untuk anak-anak. Bolehlah dicoba untuk memenuhi kecukupan gizi pada tubuh.

Widia Purnawita said...

Makasih infonya,kemarin anakku nyobain friso suka banget ��

Noe said...

Wah, ada aplikasi resmi IDI ya, aku mau install deh :)

Oline said...

Makasih infonya Kania.
Aku belum pernah coba juga sih susu ini...
Kemarin baru lihat iklannya di TV

Lia Lathifa said...

Penasaran jadinya sama Friso ini, semoga cocok untuk anakku

Lubena Ali said...

Mencerahkan sekali infonya, jadi lebih selektif memilih susu

Liswanti Pertiwi said...

Gizi memang penting banget ya mba buat anak. Jangan sampe anak kekurangan gizo di masa tumbuh kembangnya y

Sie-thi Nurjanah said...

Melalui aplikasi digital ikatan Dokter Anak Indonesia pastinya membantu sekali dalam mengontrol tumbuh kembang anak
Semakin lengkap dengan formulasi susu yg baik buat nutrisinya

honnie josep said...

wah senang dapat informasi mengenai nutrisi makro dan mikro! makasih mbak Kania!

ANDRI said...

Wah jadi tau agar percenaan anak lebih sehat

Salam hangat orang udik
http://www.kompasiana.com/rakyatjelata

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting