Saturday, November 25, 2017

Simpan Tali Pusat Bayi Hanya di Cordlife

Posted by Kania Safitri at 7:01 AM
Hello Mom…

Kali ini aku mau membahas tentang tali pusat. Hmmm.. bagi Mom yang sudah atau berencana memiliki anak sebaiknya kenali lebih jauh tentang pentingnya tali pusat. Walaupun kecil, tali pusat membawa manfaat yang sangat banyak untuk bayi. Mengapa? Dengan adanya tali pusat, bayi bisa menerima nutrisi dan oksigen dari ibu, di mana kedua unsur tersebut diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Senang sekali aku diundang oleh Mom Vibrie untuk ke suatu acara Cordlife AWESOME yang diadakan pada 15 November 2017 di Hongkong Cafe – Jakarta. Acara ini juga diadakan dalam rangka World Cord Blood Day untuk pertama kalinya diadakan di seluruh dunia pada tanggal 15 November 2017. Tau gak siy AWESOME merupakan kepanjangan dari Awareness for Some People yang bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi berbagai kalangan masyarakat seperti calon orang tua, blogger, media hingga praktisi kesehatan mengenai pentingnya menyimpan tali pusat.
Sampai disana aku disambut dengan senyum oleh tim penyelenggara yang ramah untuk registrasi terlebih dahulu. Saat masuk kedalam ruangan aku melihat penuh dengan dekorasi manis dan cantik dengan warna-warna sesuai pantone dari Cordlife yaitu putih, biru muda hingga biru tua. Untung saja saat aku hadir acara baru dimulai senangnya lagi teman aku Mom Vibrie yang mengundang aku ternyata yang menjadi MC untuk acara itu wah surprise bamget ternyata Mom yang satu ini multi talented juga membawakan acaranya menjadi hidup dan berjalan lancar. Setelah acara dibuka oleh MC dilanjutkan oleh penjelasan dari pembicara pertama yaitu dr. Ardiansjah Dara, SpOG sebagai dokter spesialis kebidanan dan kandungan.
dr. Ardiansjah Dara
Nah biar gak pada pusing yuk kita sama-sama belajar mengenal tali pusat lebih jauh dari yang aku dapat saat acara ini.

Darah tali pusat atau disebut juga dengan "darah plasenta" adalah darah yang berada di dalam tali pusat. Setelah proses persalinan, tali pusat dipotong dan biasanya dibuang sebagai limbah medis. Namun kini darah tersebut dapat disimpan hingga puluhan tahun. Beberapa fakta mengenai darah tali pusat yang perlu diketahui yaitu, darah tali pusat adalah sumber sel punca yang berpotensi untuk terapi pengobatan lebih dari 85 jenis penyakit termasuk leukimia, limfoma dan anemia.

PT. Cordlife persada sebagai anak perusahaan dari ordlife Ltd. Singapore merupakan perusahaan penyedia jasa  kesehatan bagi Ibu dan Anak. Tidak hanya menyediakan jasa penyimpanan darah tali pusat dan membran tali pusat, Cordlife juga menyediakan pemeriksaan Non-invasive Prenatal Testing (NIPT) yaitu tes awal kehamilan untuk mengetahui kelainan kromoom bawaan pada bayi dan MetaScreen sebagai skrining kelainan metabolisme pada bayi baru lahir dimana skrining ini tidak menggunakan pengambilan darah melainkan menggunakan urine bayi sehingga tidak menyakiti bayi.

Berdasarkan penjelasan Dr. Ardiansjah Dara, SpOG Proses pengambilan darah tali pusat dilakukan sesaat setelah bayi dilahirkan baik normal maupun caesar dimana proses tersebut cepat, aman dan tidak menyakitkan bagi ibu dan bayi. Tali pusat akan dijepit pada dua tempat dan digunting di antaranya. Kemudian dalam hitungan menit dokter kandungan atau bidan akan mengalirkan darah tali pusat ke dalam kantong darah sekali pakai dengan dua lapisan yang steril dengan triple bag yang saling terhubung. Sehingga hanya ada 1 kesempatan mengambil darah tali pusat yaitu ketika bayi dilahirkan.

Kemudian dilanjutkan penjelasan oleh dr. Meriana Virtin  sebagai medical advisor PT. Cordlife Persada juga menyebutkan bahwa Cordlife memproses memproses darah tali pusat menggunakan mesin Sepax yang mampu menghasilkan hingga 99% sel berinti di laboratorium Cordlife Persada yang telah memiliki surat ijin operasional dari Kementrian Republik Indonesia.
dr. Meriana
Jumlah darah tali pusat yang bisa diambil kurang lebih 200-300 cc, tergantung besar tali pusat setiap Mom yang berbeda-beda. Minimal dapat diambil hingga 100cc. Biasanya sampel darah ibu juga harus diambil dalam waktu 48 jam sebelum atau sesudah kelahiran bayi. Darah ibu akan diuji untuk memastikan keamanan dan kualitas darah tali pusat sesuai standar.

Apabila Mom memiliki kelainan darah sebenarnya masih bisa saja dilakukan  secara umum kelainan darah gak berhubungan dengan kondisi darah tali pusat. Namun, beberapa penyakit menular yang serius patut diwaspadai. Mom dengan penyakit menular termasuk HIV, Hepatitis B dan C dan Sifilis tak bisa diambil darah tali pusatnya. Sama halnya dengan donor darah," kata Dr. Ardiansjah Dara SpOG.

Mom tau gak siy kalau Sel punca atau stem cell adalah sel yang berasal dari darah tali pusat yang bertanggung jawab mengisi darah dan regenerasi sistem kekebalan tubuh. Sel punca atau stem cell ternyata bisa berperan sebagai harapan pengobatan masa depan yang lebih akurat. Bahkan secara khusus sel punca dalam tubuh bayi Moms tersebut bisa diibaratkan sebagai suku cadang untuk mengganti sel-sel yang telah rusak karena berbagai macam penyakit ataupun karena mati secara alami yang diakibatkan faktor penuaan.
Sel punca darah tali pusat juga dapat ditemukan pada sumsum tulang dan darah tepi (darah yang beredar ke seluruh tubuh). Sel punca darah tali pusat semakin banyak digunakan sebagai sumber pilihan sel punca dewasa dalam pengolahan transplantasi sejumlah penyakit yakni kelainan darah yang bukan keganasan, tumor solid, kelainan imun dan kelainan metabolik.

Sel punca dari darah tali pusat tersebut memiliki keunggulan yang sangat dahsyat. keunggulan sel punca adalah lebih muda dan juga lebih murni, memiliki risiko sel-sel untuk menyerang tubuh sendiri akan lebih rendah karena tingkat kecocokan yang akurat, serta Moms nantinya tidak perlu mencari pendonor seperti halnya pada sel punca yang diambil dari sumsum tulang belakang bayi Moms tersebut. Selain itu, ternyata sel punca dari darah tali pusat bayi tersebut memiliki tingkat kecocokan yang sangat sempurna untuk dipakai oleh anak Moms kelak. 

Selain bisa digunakan oleh bayi Moms,  sel punca juga bisa digunakan oleh kakak atau bahkan adik bayi Moms karena tingkat kecocokannya yang sangat tinggi. Sel punca yang berasal dari tali pusat cocok untuk bayi yang dilahirkan dengan presentase 100 persen. Orang tua dan saudara kandung juga mendapatkan kesempatan sebesar 25 persen sel punca tersebut cocok jika dibutuhkan.
Secara teori, usia sel yang disimpan dalam temperatur nitrogen cair diperkirakan dapat disimpan selama 1.000 tahun. Sebuah studi terbaru menunjukkan pemulihan yang efisien dari sel punca yang disimpan selama 21 hingga 23,5 tahun.Berdasarakan penjelasan dr. Meirana karena metode ini terbilang baru, baru-baru ini ditemukan sel punca bisa bertahan hingga 23 tahun.

Nah Mom pasti penasaran berapa siy biaya penyimpanan tali darah pusat, saat event ini berlangsung teman sebelah  saya titipkan pertanyaan ini  nah jawabannya hanya secangkir kopi yang kita minum saja lho mom… jadi kalau kita minum 1 cangkir sekitar Rp. 50.000,- kalau sebulan 3x kopi harganya jadi Rp. 150.000,-/bulan nah Mom tinggal kalikan untuk penyimpanan selama setahun, karena pembayarannya di Cordlife bisa pembayaran setahun seklai atau beberapa tahun sekaligus atau juga bisa langsung untuk 21 tahu. Jika bayi sudah berusia 21 tahun, penyimpanan darah bisa di atas namakan dan diperpanjang kontraknya.
Nah cara kerja sel punca adalah menggantikan sel-sel darah yang rusak. Jadi kemungkinannya tak bisa kita presentasikan, tapi tergantung derajat berat penyakitnya," kata Meriana Virtin, Medical Advisor Cordlife Indonesia. Saat ini penyakit yang sangat erat kaitannya dengan kelainan darah tersebut diantaranya adalah penyakit leukimia, limfoma, neuroblastoma, talasemia, anemia atau bahkan kanker tulang telah berhasil diterapi dengan metode sel punca dari darah tali pusat tersebut.

Selanjutnya hadir juga brand ambassador dan juga klien Cordlife ibu Fanny Novia yang mempercayakan penyimpanan  darah tali pusat buah hatinya di cordlife. Beliau juga menambahkan dengan pengalaman selama 16 tahun yang cordlife miliki, menjadikan Cordlife sebagai pilihan tepat bagi orang tua di indonesia untuk menyimpang darah tali pusat buah hatinya.
Fanny & Vibrie
Acaranya seru banget sambil mendengarkan informasi tentang Cordlife kita juga bisa menikmati sajian menu dari Hongkong Cafe yang enak-enak. Setelah itu ada sesi pertanyaan dilanjutkan dengan games seru secara online dengan hadiah yang menarik. Eits... tidak hanya itu Cordlife baik banget bagi-bagi hadiah untuk yang bertanya, best instagram post juga doorprize. waaah... seru banget kan acaranya.
Well... untuk informasi lebih lanjut tentang Cordlife  kamu bisa cek akun Cordlife Indonesia di :
website : www.cordlife.co.id
instagram : @cordlifeindonesia 
Email info@id.cordlife.com
Twitter : @CORDLIFEINA
Facebook : Cordlife.Indo
dr. Meriana, dr. Dara & Fanny
Terima kasih banyak Cordife atas undangan dan acaranya yang seru serta bermanfaat.
Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya.

Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.
Thank you and have a nice day :) 

Pic by Vani : Mira, Vibrie, aku dan Vani

3 comments:

Nurul Dwi Larasati said...

Sayang banget darah tali pusat anak-anakku nggak tersimpan disini, Cordlife. Ternyata banyak banget manfaat sel punca untuk mengobati penyakit krusial.

turiscantik.com said...

Kalau ada rezeki punya anak lagi, aku pun mau gabung di Cordlife. Thanks for sharing Kania :)

Sonya Tampubolon said...

seru yaaahh acara Cordlife ini, sayang kita duduknya jauhan gak sempet ngobrol2 ya neng Kania. semoga bs berjumpa di event selanjutnya!

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting