Sunday, November 5, 2017

Sekolah Singkat di Ririn Rinura School of Design

Posted by Kania Safitri at 6:24 PM
Hello Beauties…

Dunia fashion gak akan ada pernah habisnya dan terus berkembang mengikuti trend nya. Fashion itu dapat menjadi gambaran karakter diri dan juga menunjukkan kreativitas seseorang lho... Fashion juga bisa melukiskan jati diri yang bisa mengirim pesan tentang pemikiran kita. Jadi apa yang kita pakai biasanya dapat mencerminkan bagaimana diri kita hmm... makanya jangan sampai salah pakai ya...

Aku senang sekali di undang oleh Blogger Crony Community dalam acara Meet & Greet Ririn Rinura Sharing Session Refreshment pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 di Nobble House – Jakarta.

Nah buat yang belum tau siapa siy Ririn Rinura aku akan sedikit jelaskan terlebih dahulu ya... Jadi Ririn Rinura adalah Founder Rinura Fashion Designer, Founder and Chairman Glamour Indonesia Company, Founder Rinura School Of Design, Owner Rinura Model Management, Owner Rinura Fashion Boutique, CEO PT. Rinura Karya Abadi, CEO PT. Agro Indo Sukses Makmur, Consultant Trust Law Officem memiliki harapan, dari sekolahnya lahir generasi baru, desainer yang sukses memajukan budaya bangsa melalui hasil karya atau rancangan mereka. Sehingga nantinya mereka mampu bersaing di kancah industri fashion dunia.

Ririn Rinura sudah lebih dari sepuluh tahun telah berkecimpung di dunia fashion semakin membuat ia yakin bahwa menekuni dunia fashion adalah passion kuat yang datang dari dalam dirinya. Ririn juga mengakui bahwa bisnis di bidang fashion sangatlah menarik dan menggiurkan. Tidak hanya sebagai sumber kreativitas, tetapi dapat meningkatkan perekonomian. Menurut Ririn, kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama, karena bisa meningkatkan ekonomi secara global. Sehingga diperlukan manusia yang kreatif dan berinovasi untuk meningkatkan perekonomian negara. Karena itu, hati dan pikiran Ririn tergerak membantu masyarakat untuk mengembangkan kreativitas mereka, meningkatkan sumber daya manusia, mengurangi pengangguran dan bisa mengharumkan nama bangsa. Semua keinginan tersebut dibangunnya lewat Rinura School of Design.

Ririn Rinura menjelaskan mengenai tujuan dibangunnya Rinura School of Design adalah untuk mendorong kreativitas masyarakat, berkreasi, membuka lapangan kerja dan mengurangi pengangguran. Setidaknya itu akan membantu memberikan sumbangan bagi perekonomian negara.
Selain itu, di tahun 2025 Indonesia akan menjadi salah satu
pusat mode dunia. Hal itu akan semakin diperlukan lebih banyak lagi pelaku industri fashion tanah air untuk mewarnai dan meramaikan fashion Indonesia. Sehingga kekayaan budaya yang kita punya bisa dipamerkan kepada dunia.
Mba Wawa saat membuka acara Meet & Greet

Nah sekolah Rinura School of Design bisa untuk siapa pun yang  ingin terjun ke bisnis fashion, pemilik bisnis online, ingin menjadi fashion designer, namun belum menguasai ilmu dasar fashion design, tidak punya waktu banyak untuk sekolah fashion.  Untuk menjadi seorang fashion designer yang sukses dan terkenal anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk dudk di bangku kuliah fashion designer.

Rinura School of Design membuka seminar 1 hari dan kelas singkat 7 hari. 
Seminar:
- Peserta mendapatkan Buku Fashion Designer, Alat Fashion Designing, Suvenir, Coffee Break 2x dan Makan Siang

Sekolah Singkat:
- Hanya 7 kali pertemuan.
- Tersedia  2 pilihan kelas : Ragular Class dan Private Class.

Lewat Rinura School of Design, Ririn mengajak masyarakat untuk memahami dan mengerti bagaimana berbisnis fashion dengan baik dan cepat. Ririn akan berbagi ilmu bagi siapa saja yang ingin berkreasi dan berbisnis di industri fashion. Langkah awal yang akan diperkenalkannya
adalah melalui seminar bersertifikasi, yaitu seminar satu hari dengan tema “Bagaimana menjadi Fashion Designer yang sukses dan terkenal”, “Bagaimana cara merancang baju dan bagaimana
cara menjalankan bisnisnya”, “Langkah- langkah apa yang harus diketahui
untuk menjadi Fashion Designer dan menjalankan bisnis fashion”, “Bagaimana cara memasarkan bisnis, pembuatan
label merek sendiri dan bagaimana cara memperkenalkan kepada publik”.

Menjadi seorang fashion design harus memiliki 5 karakter seperti :
1. Menciptakan design menarik
2. Tanggap terhadap perkembangan socila
3. Gaya hidup berbagai segmen
4. Menganalisis pasar
5. Menganalisa trend fashion
6. Menangkap perhatian audiens
7. Membujuk audiens

Bagian yang paling menarik juga bagi siswa yang berprestasi akan dimuat dan diliput profilenya di media onlineglamour Indonesia juga media lain. Untuk tahap senjutnyabagi siswa yang serius menggeluti bidang fashion designer. Akan ada kelas fashion show. Dimana nanti peserta akan dibimbing mulai dari sketsa sampai ke catwalk akan dibimbing langsung oleh pakar fashion ternama koreografer Indonesia Wawan Soeharto.

Pastinya siswa akan mengetahui tentang bagaimana cara menyusun dan membuat portfolio dengan baik dan profesional. Bagaimana membuat brand dan konsep , bagaimana cara memproduksi, bagaimana cara menjalankan bisnis retail, dan online. Management keuangan, mempelajari market, modal usaha, dimana kana ada ahli bisnis keuangan. Aidil Akbar Madjid MBA, MNLP, CFE, CFP, CH, CHt, RIFA, RFC. Dan dia juga seorang chairman IARFC Indonesia. Konsultan keuangan dan CFO, Glamour Indonesia beliau akan berbagi ilmu financialnya kepada peserta seminar Rinura school of design. Pengenalan ilmu perencanaan keuangan yang benar untuk menjalankan bisnis fashion. Qualified Personal Planner.

Biasanya seorang fashion design membutuhkan inspirasi dalam karyanya yang bisa didapatkan dari mana saja seperti :
1. Sejarah perkembangan mode
2. Alam 
3. Sejarah penduduk asli
4. Pakaian ketja
5. Kliping
6. Majalh mode
7. Sheet book
8. Museum
9. Fine art
10. Contemporer art
11. Commercial art
12. Film
13. Film
14. Home furniture
15. Social Life

Selain mendapatkan ilmu di bidang fashion, siswa di sekolah desain miliknya itu akan memperoleh sertifikat untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Program tersebut adalah program pasca sekolah menengah yang dirancang bagi siswa yang ingin fokus menjadi perancang busana.

Berdasarkan informasi drai Ririn Rinura yang menyampaikan bahwa Program ini dirancang sebagai batu loncatan bagi siapa saja yang mencintai dunia fashion. Agar mendapatkan sertifikasi untuk mengembangkan karirnya. Ririn juga menghadirkan program sekolah singkat 7 hari dalam jangka waktu 1 bulan untuk memperdalam bagaimana menjadi fashion desainer yang sukses dan profesional.

Ririn School of Design memperkenalkan fashion design dan bisnis fashion. Bagaimana cara merancang baju dan dan bagaimana cara menjalanjankan bisnisnya. Langkah-langkah apa yang  harus ketahui menjadi fashion designer dan menjalankan bisnis fashion. Bagaima cara menjalankan bisnis anda, pembuatan label merek sendiri dan bagaimana cara memperkenalkan kepada publik. Waah... lengkap banget kan...

Siswa juga akan diajarkan bagimana cara mempelajari anatomi tubuh, bagaimana mengsketsa gambar model dan pakaian yang anda inginkan dan yang akan anda pasarkan. Bagaiman tekhnik mewarnai dan bagaimana cara mengukur tubuh klien. Anda diwajibkan memahami design dan art. Anda harus tau model baju seperti apa, untuk orang gemuk, untuk orang pendek, kecil, tingi, kulit hitam, kulit putih, dan mempelajari bentuk tubuh, bagaimana cara mematchingkan warna untuk baju. Kita akan diajarkan cara berkomunikasi dengan tim, client, wartawan media, marketing atau orang yang belum memahami fashion.

Rinura School of Design ini memiliki banyak keunggulan seperti :
* Di selenggarakan dalam jangka waktu yang relatif singkat sehingga tidak membuang waktu
* Mengajarkan Spesifikasi ilmu yang di butuhkan
* Berbagi pengalaman dengan para pelaku Dunia Fashion dan bisnis fashion
* Dapat di lakukan secara Group atau Private
* Jadwal pelajaran dapat di pilih sesuai waktu yang di sepakati
* Siswa yang berprestasi akan di promosikan sebagai icon Branding Fashion Designer

Materi yang akan dipelajari selama Rinura School of Design ini ternyata banyak sekali seperti :
 - Fashion Design
 - History Fashion Design
 - Anatomical Basis
 - Drawing Technique
 - Colour Theory
 - Quick Fashion Sketching
 - Technical Drawing
 - Basic Art and Design 
 - Fabric and Mix and Match
 - Fashion Style
 - Bussines Fashion
 - Bussines Fashion Design
 - Financial Management
 - Personal Planer 
 - Marketing Strategy
 - Fashion Advertising
- Training 
- Patern Maker and Sew
- Mini Collection
- Portfolio
- Preparing Fashion Show

Setelah itu kami diajarkan membuat sketsa anatomi manusia yang awalnya aku pikir susah sekali ternyata setelah di pandu oleh Ririn Rinura membuat sketsa terasa lebih mudah asalkan kita sudah mengetahui tekhniknya. Senang sekali rasanya bisa membuat sketsa buatan sendiri walaupun hasilnya jauh dari sempurna. Aku yakin dengan banyak latihan dan juga belajar di Rinura School of Design akan menambah ilmu serta ketrampilan dalam bidang fashion design.

Terima kasih Ririn Rinura atas ilmunya juga Blogger Crony atas undangannya. Nah buat yang tertarik tunggu apalagi dengan sekolah dan seminar singkat mimpi menjadi seorang fashion designer yang sukses dan terkenal sudah di depan mata. Yuk daftar sekarang juga jangan sampai kehabisan ya...

Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)




1 comments:

uni dzalika said...

seru banget ya kak jadi mau sekolah di sana apalagi harganya cukup terjangkau kalau lihat manfaat yang bakal didapat.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting