Thursday, August 17, 2017

Pentingnya Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Posted by Kania Safitri at 9:47 PM
Hello Moms...

Senang sekali rasanya semakin banyak dukungan untuk Ibu hamil dan menyusui. Perlu kita ketahui seorang ibu hamil harus berjuang menjaga asupan nutrisinya agar pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan janinnya optimal. Idealnya berat badan bayi saat dilahirkan adalah tidak kurang dari 2500 gram. Oleh karena itu sangat penting untuk para ibu hamil dan menyusui di Indonesia, untuk memperhatikan asupan nutrisi.
Pada tanggal 10 Agustus 2017 aku diundang untuk menghadiri Press Conference yang membahas tentang "Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui" yang diadakan Kalbe Bclackmores Nutrition, di Hotel Pullman Thamrin - Jakarta.
Aku dapat banyak ilmu disana, tentang pentingnya Mikronutrien pada masa-masa hamil dan menyusui bagi seorang Ibu dari nara sumber Dr. med. dr Damar Prasmusinto, SpOG(K)., Konsultan Fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia yang menyampaikan bahwa pemberian tambahan asupan mikronutrien asam folat, zat besi, yodium, kalsium dan omega-3 pada masa kehamilan dan menyusui salah satu kunci utama yang mudah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Meningkatnya performa anak disekolah dan dengan demikian meningkatkan produktivitas sumber daya manusia di Indonesia secara keseluruhan.
Para Ibu di Indonesia sendiri tidak mendapatkan asupan multi-mikronutrien yang mencukupi untuk kebutuhan dirinya dan janin atau bayinya. Padahal kebutuhan mikronutrien para ibu sewaktu hamil dan menyusui justru meningkat, terutama pada trisemester terakhir kehamilan. Peningkatan kualitas gizi di masa kehamilan dan menyusui memberikan dampak penting pada perkembangan anak dan kesehatan ibu di masa depan.

Mikronutrien yang umumnya dianjurkan oleh dokter dan para ahli adalah :
1. Asam folat : untuk perkembangan otak dan mencegah neural tube defec (NTD), prematur dan berat  bayi lahir rendah (BBLR)
2. Zat besi : untuk kebutuhan memproduksi  darah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan, serta percepatan pertumbuhan bayi. Di Indonesia sendiri, 37,1% ibu hamil mengalami anemia dan 21,7% bayi berumur  lebih besar sam dengan 1 tahun mengalami anemia.
3. Yodium : untuk fungsi kelenjar tiroid, perkembangan visual, motor skills, mendengarkan dan perkembangan kognitif anak. Di Indonesia sendiri, meskipun 77.1% rumah tangga memiliki garam beryodium, hanya 36.9% ibu hamil yang memiliki asupan yodium yang cukup.
4. Kalsium : untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin; mengurangi resiko pre-eclampsia selama kehamilan.
5. Omega-3, terutama DHA : untuk perkembangan neurodevelopment, khususnya mata dan otak.

Kemudian Assoc. Professor Dr. Lesley Braun, PhD, Direktur Blackmores Institute, mengutarakan "kekurangan multi-mikronutrien ini bisa diatasi salah satunya melalui peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar dan berbagai jenis sumber protein. Blackmores Institute melalui program Edukasinya mengupayakan pemenuhan asupan multi-mikronutrien, termasuk dalam bentuk suplemen, untuk dapat membantu menjembatani kekurangan asupan dari makanan. Ibu hamil harus memastikan mikronutrien yang dikonsumsi mengandung asam folat, zat besi, rangkaian vitamin B, omega-3 terutama DHA, yodium dan kalsium.
Dalam acara ini juga turut hadir Bapak Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition (KBN) menjelaskan pemberian multi-mikronutrien akan memberi pengaruh yang besar pada ibu hamil dan menyusui. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, yang merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan perkembangan buah hati, mengandung tinggi DHA, Kalsium, Zat Besi, asam Folat, Vitamin dan mineral diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mikro-nutrien yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui.
Nah aku akan jelaskan tentang Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding untuk lebih jelasnya ya... jadi Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan suplemen dengan Multi Micronutrients. Seperti yang dijelaskan sebelumnya penting sekali untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ibu dan bayi selama kehamilan dan menyusui. Status gizi pada 1000 hari pertama kehidupan akan memmpengaruhi kualitas kesehatan, intelektual dan produktivitas pada masa yang akan datang. Dengan suplemen ini akan membantu ibu hamil dan menyusui menjalani perjuangannya untuk mendapatkan dukungan nutrisi terbaik pada masa terpenting.

Blackmores memiliki kualitas yang tak tertandingi, 85 tahun berpengalaman menyediakan produk kesehatan alami. Didukung oleh fasilitas edukasi dan riset kelas dunia. Berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan serta layanan purna jual yang luar biasa.

Dikemas menggunakan botol kaca bewarna cokelat dilengkapi label bewarna pink serta terdapat logo kalbe dan penjelasan seputar produk.

Suplemen ini berupa kapsul lunak yang memiliki kelebihan tidak ada rasa dan bau sama sekali sehingga tidak menimbulkan rasa enek pada ibu hamil dan menyusui.
Petunjuk penggunaan : 1 hari dua kali selama masa kehamilan dan menyusui Diminum pagi hari dan sore hari setelah makan.
Dalam acara tersebut untuk mendukung pemenuhan asupan multi-mikronutirien untuk ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu, Kalbe Blackmores Nutrition lewat gerakan program "12.000 Pelukan Untuk Ibu dan Bayi" mengajak ibu-ibu di seluruh Indonesia dapat menyumbangkan foto pelukan kasih untuk para ibu dan bayi di Yayasan Bumi Sehat mellaui website www.blackmores.co.id/12000pelukan. Setiap 1 foto yang terkumpul akan dikonversikan menjadi 1 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang disumbangkan kepada Yayasan Bumi Sehat untuk ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu.
Nah ini dia foto aku untuk mendukung 12.000 pelukan untuk ibu dan bayi yang aku upload ;)
Sekarang sudah lebih tau kan betapa pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Yuk dukung 12.000 pelukan untuk ibu dan bayi dengan upload foto kamu dengan gesture memeluk ke www.blackmores.co.id/12000pelukan maka kamu sudah membantu memberikan 1 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ke Yayasan Bumi Sehat untuk Ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.



2 comments:

Rach Alida Bahaweres said...

Pelukan untuk ibu dan bayi juga memberikan bonding terbaik ya. Dukung ah dengan upload foto dengan gesture memeluk

Kania Safitri said...

Rach Alida Bahawares iya bener banget mba Alida jadi bisa mempererat hubungan ibu dan baby. Iya yuk bantu kan cuma posting foto aja gampang ya mba...

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting