Thursday, August 3, 2017

Pentingnya Dukungan Saat Masa Kehamilan dan Menyusui Bagi Seorang Ibu

Posted by Kania Safitri at 4:26 AM
Hello Mum...

Kehamilan dan menyusui adalah dua proses paling penting yang menentukan kesehatan baik bagi Ibu dan bayi. Hasil studi terkini yang diselenggarakan oleh Fontera Brands Indonesia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang terbatas tentang kesehatan ibu hamil dan menyusui, termasuk nutrisi yang dibutuhkan.

Senang sekali aku dapat menghadiri acara peluncuran kampanye Anmum Celebrate the Extraordinary yang bertepatan dengan perayaan Pekan Asi Sedunia yang diadakan Fontera Brands Indonesia dan Anmum pada hari Selasa, 1 Agustus 2017 di Raffles Hotel - Jakarta. Kampanye #CelebrateTheExtraordinary memiliki misi untuk memberdayaan dan menginspirasi para Ibu dan keluarganya melalui pengetahuan dan perhatian yang tepat, baik dari aspek dukungan nutrisi dan sosial, sepanjang perjalanan sejak masa kehamilan hingga menyusui.
Oya aku juga baru tau niy kalau pekan ASI sedunia yaitu tanggal 1 - 7 Agustus. Sebelum acara dimulai kami semua makan siang bersama tentunya dengan menu sajian nikmat dan sehat yang telah disediakan. Tidak lama kemudian acara dibuka oleh MC mbak Inga yang sudah sering aku jumpai setiap hadir dalam acara parenting. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ibu Rohini Behl sebagai Marketing Technical Advisor, Fontera Brands Indonesia yang menyampaikan bahwa menjadi Ibu adalah salah satu transisi luar biasa dalam kehidupan seorang wanita. Anmum berkomitmen terhadap kesehatan dan kesejahteraan para Ibu Indonesia dan menyadari bahwa menjadi Ibu benar-benar merupakan perjalanan yang luar biasa. Oleh karena itu penting bagi para Ibu untuk mendapat dukungan penuh dari anggota keluarga dan teman mereka selama perjalanan ini.
Studi yang diselenggarakan oleh Fontera dan Anmum bertujuan untuk lebih memahami tantangan yang dialami para Ibu selama kehamilan mereka serta selama beberapa minggu dan bulan pertama menyusui. Hasil studi mengungkapkan kecenderungan bahwa jika Ibu tidak didukung dengan pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang kesehatan dan nutrisi ibu Hamil dan menyusui dari sitem pendukung sosial mereka, kesehatan dan kesejahteraan mereka dapat terkena dampaknya.

Kemudian dilanjutkan penjelasan dari Dr. dr. Ali Sungkar SpOG (K), sebagai Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (PERINASA) dan Anggota Dewan Penasehat Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia DKI Jakarta yang menjelaskan tentang pentingnya dukungan lingkungan dan nutrisi Ibu sepanjang kehamilan dan menyusui. Hal tersebut merupakan aspek penting yang akan mempengaruhi kesehatan ibu supaya nantinya dapat merawat anak dan keluarganya.
Nah berdasarkan penjelasan Dr. Ali bahwa 1000 hari pertama merupakan fondasi penting bagi masa depan anak, oleh karena itu sangat penting untuk memberikan dukungan yang diperlukan oleh ibu dan bayi. Kurangnya penyesuaian psikologis dan emosional selama fase penting kehidupan tersebut berpotensi menimbulkan resiko bagi kesehatan ibu dan kurangnya peluang bayi untuk mendapatkan ASI ekslusif. Salah satu faktor resiko penting yang mempengaruhi kesehatan ibu selama dan setelah kehamilan adalah kurangnya dukungan sosial.
Pentingnya sistem pendukung sosial yang sehat selama kehamilan dan menyusui tidak boleh diremehkan. Stabilitas sosial dan partisipasi sosial dapat memberikan dukungan emosional yang berperan untuk mengurangi dampak stres kehidupan dan tantangan sehari-hari para ibu.
Hambatan untuk mendukung menyusui adalah :
1. Kurangnya dukungan luas dari lingkungan
2. Media menyiarkan menyusu dengan botol adalah normal
3. Kurangnya pendidikan prenatal mengenai menyusui
4. Kurangnya pendidikan petugas kesehatan
5. Kebijakan rumah sakit yang kurang mendukung Ibu bekerja
6. Promosi susu formula yang luas.

Sepuluh Langkah menuju keberhasilan menyusui
1. Sarana pelayanan kesehatan mempunyai kebijakan tentang penerapan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui dan melarang promosi PASI
2. Saran pelayanan kesehatan melakukan pelatihan untuk staf sendiri atau lainnya.
3. Menyiapkan ibu hamil untuk mengetahui manfaat ASI dan langkah keberhasilan menyusui, Memberikan konseling apabila ibu penderita infeksi HIV positif
4. Melakukan kontak dan menyusui dini bayi baru lahir (1/2 - 1 jam setelah lahir)
5. Membantu ibu melakukan teknik menyusui yang benar (posisi peletakan tubuh bayi dan peletakan mulut bayi pada payudara)
6. Hanya memberikan ASI saja tanpa minuman pralaktal sejak bayi lahir.
7. Melaksanakan rawat gabung ibu dan bayi
8. Melaksanakan pemberian ASI sesering dan semau bayi
9. Tidak memberikan dot/kempeng
10. Menindak lanjuti ibu-bayi setelah pulang dari sarana pelayanan kesehatan.
Selanjutnya sharing session yang diawali dengan presentasi mengenai Anmum Celebrate the Extraordinary dari Ibu Andriani Ganeswari selaku Coporate Communications Manager, FBI yang dilanjutkan cerita dari pengalaman Cynthia Lamusu yang dikenal sebagai penyanyi, aktris dan public figure yang memiliki bayi kembar dari Tatjana & Bima yang punya cerita seru selama menjadi ibu. Demi memberikan ASI untuk di buah hati Cynthia rela naik ojek ke RS karena bayi kembarnya saat dilahirkan prematur sehingga butuh ekstra perawatan dan belum boleh langsung dibawa pulang ke rumah setelah melahirkan. Cynthia juga sempat cari donor ASI untuk kedua buah hatinya karena memang ingin mereka mendapatkan yang terbaik hingga sekarang kedua buah hatinya yang lucu dapat tumbuh sehat dan pintar.
Kemudian hadir juga ibu Maria Leonnyta Sastra Wijaya sebagai pejuang ASI yang berbagi pengalamannya selama hamil dan menyusui karena ingin memberikan yang terbaik ibu Maria berusaha pumping setiap dua jam sekali hingga tak pernah disangka satu kulkas penuh dengan ASI. Tips dari ibu Maria adalah disiplin yang tinggi serta dukungan dari orang-orang sekitar yang memberikan semangat untuk dapat terus memberikan ASI kepada bayi nya.

Kemudian Ibu Ines Yumahana Gulardi MSc, sebagai Sebior Nutrition Manager, Fontera Brands Indonesia menjelaskan tahap pertama kehidupan seorang anak yang meliputi perkembangan janin di rahim dan masa menyusui sangat krusial dan nutrisi ibu sangat penting selama periode ini. Dengan dukungan susu kehamilan dan menyusui sebagai bagian dari pola makan sehat ibu.
Pembentukan organ-ogan tubuh di awal kehamilan yang tidak didukung Zat Gizi yang tepat dapat menyebabkan cacat seperti cacat pada tabung syaraf dan otak (NTD-Neutral Tube Defect). NTD terjadi ketika tabung syaraf gagal menutup pada awal perkembangan embrio, menyebabkan kerusakan pada jaringan syaraf yang terpapar. Cacat lahir ini dapat menyebabkan kematian tergantung, dimana lokasi terjadinya dan keparahan biasa dis ebut Anencephaly dan Spina Bifida.

Perkembangan tabung syaraf mula pada usia 4 minggu pertama. Tabung syaraf "neural tube" adalah nama lain dari strukturnya yang nantinya akan membentuk otak dan syaraf tulang belakang . Pada hari ke 28 setelah konsepsi, tabung syaraf sudah menutup.

Anmum Materna sudah teruji secara klinis. Penelitian kilinis terbaru pada wanita Asia menunjukkan :
1. Anmum materna dapat diterima dan efektif meningkatkan status folat pada jumlah yang memiliki risiko sangat rendah untuk terjadinya cacat tabung syaraf (Neural Tube Defect)
2. Asupan Anmum Materna tidak menimbulkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.
Gangliosida (GA) berperan dalam pembentukan hubungan antar sel-sel otak
- GA paling banyak ditemukan di ujung-ujung sel otak, di hubungan antar sel otak
- GA mendukung pembentukan dan perkembangan hubungan sel-sel otak yang optimal :
1. Pembentukan hubungan antar sel otak
2. Menstimulasi jumlah cabang hubungan antar sel otak sehingga terbentuk lebih banyak hubungan antar sel otak.
3. Menstabilkan hubungan antar sel otak untuk penyimpanan informasi (dasar dari proses mengingat)

Sementara itu Anmum Lacta mendukung peningkatan kebutuhan nutrisi ibu menyusui sehingga kebutuhan nutrisinya selama masa yang penting ini. Anmum Lacta mengandung berbagai komponen penting seperti Ganglioside (GA) dan nutrisi seperti DHA.  Studi membuktikan, asupan ibu seperti DHA dapat mempengaruhi jumlah DHA dalam ASI. Setelah lahir bayi mendapatkan GA dari ASI.

Strategi makan sehat setelah melahirkan yaitu dengan asupan zat gisi yang baik sama penting layaknya ketika hamil. Yang sering ada di pikiran ibu baru adalah, menurunkan berat badan secepatnya, padahal bukan saat yang tepat untuk diet dengan sedikit makanan, karena tubuh memerlukan asupan energy yang cukup untuk memproduksi ASI dan untuk kegiatan ibu. Maka makanlah teratur dengan pola yang sehat dan seimbang, berat badan akan turun dengan alami.

Di saat menyusui kebutuhan nutrisi berperan penting karena :
1. Pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI.
2. Potensi berkurangnya simpanan / gisi ibu.
3. Hubungan antara asupan dan status nutrisi ibu dengan komposisi ASI.

Kesehatan kita ditentukan sejak berada dalam kandungan dan banyak nutri yang penting yang harus dikonsumsi oleh ibu agar bayi dalam kandungan sehat. Asupan ibu selama menyusui dapat mempengaruhi komposisi beberapa zat gizi pada ASI yaitu :
1. Konsentrasi DHA, Vitamin B1, B2 dan B12 juga Vitamin A terlihat dari berbagai penelitian berhubungan dengan asupan ibu.
2. Komposisi mineral pada ASI pada umunya tidak berhubungan dengan asupan gizi ibu.

Oya Mam zat gizi juga mendukung perkembangan otak si kecil di 2 tahun pertama sangat pesat, bahkan sejak trisemester ke-3 kehamilan. Nah untuk DHA itu terdapat banyak di otak dan retina.
1. DHA mendukung kecepatan dan akurasi pesan antar sel otak.
2. DHA terdapat banyak di retina mata dan penting bagi fungsi normal penglihatan.

Asupan gizi yang baik mendukung kesehatan ibu juga :
1. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita hamil dan menyusui (liu et al 2010)
2.Subjects memiliki asupan kalsium yang sub-optimal pada awal penelitian
3. Mengkonsumsi susu berfotifikasi kalsium atau control
4. Hasilnya menunjukkan asupan kalsium dari susu yang di fortifikasi, meningkatkan kesehatan tulang dengan kepadatan tulang lebih baik dan menghambat resorpsi tulang.
Anmum Materna mengutamakan berbagai nutrisi penting seperti :
1. GANGLIOSIDA
2. DHA
3. Tinggi asam flat & mengandung vit B.12
4. Serat pangan (inulin)
5. Vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual saat kehamilan
6. Zat besi merupakan volume darah ibu dan janin bertambah selama kehamilan, dibutuhkan zat besi dalam pembentukan sel-sel darah merah dan mencegah anemia (kekurangan darah)
7. Kalsium merupakan pembentukan tulang bayi membutuhkan kalsium yang cukup. Jika tidak mencukupi maka akan diambil dari cadangan kalsium pada tulang dan gigi ibu.

Pada kesempatan kali ini kita juga mendapatkan kesempatan mencoba Anmum Materna dengan rasa chocolate terbaru. Anmum Materna menyediakan nutirisi makro dan mikro dengan Ganglioside (GA) dan DHA. Selain itu, rasa baru Anmum Materna Chocolate memiliki rasa yang lebih enak dan disukai. Menurut sebuah survey 8 dari 10 wanita hamil lebih menyukai rasa baru Anmum Materna Chocolate dibandingkan dengan produk susu hamil lainnya.
Nah jadi sudah pada tau kan kalau 1000 hari pertama seorang anak membentuk dasar yang penting bagi hidupnya kelak. Pertumbuhan dan perkembangan otak juga organ tubuh yang lain terjadi pada saat yang spesifik dan membutuhkan nutrisi yang spesifik pula.  Perkembangan otak dimulai sejak awal kehamilan, kekurangan nutrisi asam folat pada pertumbuhan otak di awal dapat menyebabkan cacat tabung syaraf otak. Perkembangan otak masih terus pesat hingga usia sekitar 2 tahun, asupan nutrisi ibu selama menyusui pun berperan penting pada komposisi nutrisi ASI misalnya DHA. Asupan nutrisi yang memadai tidak saja penting bagi bayi, namun juga ibu yang mengandungnya dan ibu yang sedang menyusui misanya kalsium dan zat besi.

Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)



14 comments:

dunia eni said...

Perjuangan ibu ASI bikin terharu,semoga makin banyak.ibu sadar ASI

Amallia Sarah said...

Perjuangan jadi seorang ibj itu sellau berkesan ya mba... Kalau inget perjuangan apapun demi anak.. Sering sedih aku jadinya... Hehehe

Noe Traveler said...

Itu, foto infografis yg ada bayi lg nyusu gemesin bangeeett. Aaaak, gasabar mau ngelahirin dan nyusuin jadinya. Hahaha

Lia Lathifa said...

hamil dan menyusui seharusnya memang sdh jd satu paket ya, tapi sayang masih byk yg blm bisa menyusui ASI krn keterbatasan informasi yg benar

Ani Berta said...

Ilmunya superlengkap ya selain paparan narsum ahli, pengalaman praktisi juga ada hasil studi Anmum yang dibagikan di sini.

Jade Ayu said...

Jadi ibu itu berjuta rasanyaaaa.

ceritanyahati said...

Jadi semakin aware bahwa 1000 hari pertama adalah moment penting untuk tumbuh kembang anak yang tidak boleh dilewatkan kebutuhan nutrisinya ya.

desy yuss said...

Aku juga baru sadar kalau pekan asi itu ya minggu2 ini. Biasanya ga aware karena udah ga menyusui. Tp skr aku aware lg dan semangat untuk menyusui

Nurul Dwi Larasati said...

Cakep ya warna lilac bikin adem gitu. Lembut juga seperti perasaan seorang ibu terhadap anaknya.

Suciati Cristina said...

Mbaak, dirimu betuuul..udah bbrp kali kita ketemu. Pertama kali yg sama Mayo :))
Oh ya, 1000 hari pertama memang penting banget ya. Kalau menyusui jg harus makan asupan yg bergiziiiii....😍

Tuty Queen said...

Senang banget aku mbak ikuta acara Anmum kemarin selain suka lihat para mom blogger pakai lilac juga dapat ilmu yang banyak dari para narasumber.

lubena ali said...

Memang yah 1000 hari pertama itu penting banget, gizi yang terpenuhi bakalan buat bekal seumur hidupnya

Omith said...

dukung penuh para pejuang ASi, smoga terus banyak yg sipport baik keluarga maupun fasilitas umum. krn asi adalah hak anak bayi ��

Ruffie Lucretia said...

1000 hari pertama memang penting banget mba, klo dalam 1000 hari itu nutrisi tidak terpenuhi ya tumbuh kembang anak pun tidak sempurna.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting