Thursday, August 3, 2017

Memilih Bahan Bangunan yang Baik dengan Gyproc

Posted by Kania Safitri at 10:16 PM
Hello semua...

Nah postingan kali ini pas banget buat kalian yang mau bangun rumah atau tempat hunian bisa pabrik, apartment atau gedung bertingkat sekalipun. Ketika membuat bangunan rumah, gedung atau apapun itu salah satu keputusan paling penting adalah menentukan bahan material yang digunakan. Bahan bangunan yang dipilih akan menentukan tampilan rumah secara keseluruhan seperti kekuatan, keamanan, keselamatan keawetan dan kenyamanan bangunan tersebut. Apalagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang mempunyai tingkat kelembapan, curah hujan tinggi, serta rawan gempa di beberapa daerah. Sehingga perlu adanya pemilihan yang tepat dan inovasi pada bahan bangunan, terutama untuk dinding yang diharapkan memiliki performa kedap suara serta mampu beradaptasi dengan cuaca baik saat dingin maupun panas.
Alhamdulillah senangnya aku diundang dari BloggerCrony Team untuk bisa hadir dalam acara Gyproc yang meluncuran produk terbarunya yang paling inovatif tepatnya pada hari Selasa, 2 Agustus 2017 bertempat di Sheraton Hotel Jakarta. PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) sebagai salah satu produsen bahan bangunan yang memproduksi papan gypsum di Indonesia yang terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Sedikit aku jelaskan tentang Gyproc yang merupakan brand papan gypsum dan plasterboard terkemuka di dunia yang asal muasalnya dari Inggris, berdiri sejak tahun 1917 dan dikenal dengan nama British Plasterboard (BPB). Kemudian di akuisisi oleh Saint-Gobain dan di Asia masuk dengan mengusung brand Gyproc. Tahun 2007 Gyproc mulai kehadirannya di Indonesia dengan menjual dan mendistribusikan berbagai macam produknya. Pada tahun 2014 SGCPI memulai produksi komersialnya. Dengan program manufaktur berkelas dunia, SGCPI berkomitmen untuk menyediakan berbagai portfolio produk dan sistem bagi para penggunanya dengan solusi interior yang inovatif yang dapat digunakan pada rumah dan bangunan-bangunan di masa depan.

Penasaran dong aku juga dengan produk terbarunya seperti apa dari Gypsum kali ini yang katanya berbeda dari gypsum lainnya. Acara ini menghadirkan Bapak Hantarman Budiono selaku Managing Director PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia. Kali ini Gyproc hadir dengan ragam produk terbarunya yang paling inovatif yaitu Habito, Glasroc H dan Xroc. Masing-masing produknya ini punya kelebihan khusus untuk penggunaannya seperti Habito yang merupakan gypsum terkuat, Glasroc H yang merupakan papan gypsum dengan performa tahan air, serta Xroc sebagai papan gypsum yang mampu menahan radiasi sinar-X.
Gypsum yang biasanya digunakan untuk plafon, kali ini dapat digunakan sebagai dinding secara optimal dengan menawarkan banyak keuntungan dan kenyamanan bagi penggunanya. Habito menawarkan kemudahan baik dalam konstruksi, kecepatan pemasangan, hasil akhir yang rapi, kekuatan yang sama dengan tembok bata tetapi dengan keunggulan drywall dan utamanya yakni fleksibilitas dalam memasang benda ke dinding serta akustik yang baik.
Kita semua yang hadir juga berkesempatan untuk melihat, merasakan dan membuktikan dari masing-masing kelebihan produk terbarunya. Aku sendiri mencoba memukul dengan palu produk Habito ternyata benar-benar kuat tidak retak ataupun pecah. Nah untuk kekuatannya juga bisa dibuktikan dinding Habito dapat menggantung berat yang menahan hingga 30kg per titik beban. Sedangkan untuk Glasroc H aku juga melihat dan membuktikan bahwa daya serapnya sedikit terhadap air dibandingkan dengan material semen biasa. Nah untuk Xroc juga cocok untuk menahan radiasi sinar-X yang biasa digunakan untuk Rumah Sakit.
Jadi Habito itu benar-benar memiliki keunggulan gypsum paling revolusioner yang menawarkan kenyamanan serta efisiensi prose pembanguan dengan beberapa manfaat seperti ;
1. Kuat dan tahan terhadap guncangan esktrim
2. Mampu menahan beban hingga 30 kg per titik yang dipasang (sehingga memudahkan penghuni dalam berkreasi terhadap dinding rumah)
3. Memiliki insulasi suara yang baik
4. Mudah dipasang
5. Ramah lingkungan dan rendah emisi, sehingga mendukung terciptanya ekosistem lingkungan hidup yang baik
Glasroc H merupakan suatu drywall yang dikhususkan untuk area basah seperti kamar mandi atau dapur beberapa manfaatnya antara lain :
1. Dapat dilewati uap air sehingga struktur dapat "bernafas"
2. Ketahanan  terhadap api yang lebih baik daripada papan gypsum biasa
3. Siap digunakan sebagai dasar ubin
4. Ketahanan yang tinggi terhadap jamur
5. Mampu menopang berat ubin hingga 30kg/m2
6. Daya kedap suara yang sama seperti papan gypsum akustik.
Nah Glasroc H dapat digunakan di area basah pada :
1. Ruang shower dan kamar mandi yang terkena paparan air
2. Ruang ganti / loacker
3. Garasi
4. Dapur ( rumah tinggal atau pada skala insdustri)
5. Area sekitar kolam renang
Sedangkan untuk kelebihan Xroc yaitu :
1. Xroc lebih ringan dibandingkan dengan timbal 2mm (18kg vs 25kg/sqm)
2. Kemudahan instalasi
3. Papan Xroc kokoh dan tahan benturan
4. Insulasi suara mencapai 57dB
5. Performa ketahan api mencapai 2 jam
6. Siap pakai
7. 100% bahan ramah lingkungan dan dapat di daur ulang.
Setelah kami keliling melihat produk-produk terbarunya Gyproc acara dilanjutkan penjelasan oleh ibu Won Siew Yee selaku Marketing Director PT Saint-Gobain Construction Products Indonesia juga menambahkan. Habito sebagai dinding terkuat, telah lulus uji beban. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memasang barang-barang seperti rak TV, kitchen set, meja pajangan, lukisan dan lainnyadengan mudah, langsung di tempat yang diinginkan. Sementara Glasroc H merupakan inovasi Gyproc untuk dinding waterproof, sehingga cocok digunakan pada ruangan yang lembab tanpa memerlukan lapisan waterproofing. Selain itu Glasroc H juga di desain untuk menjadi tile backing bagi keramik. Xroc adalah inovasi lain dari Gyproc dalam memenuhi kebutuhan pada fasilitas kesehatan, papan gypsum ini memiliki performa anti radiasi sinar-X sehingga cocok untuk dinding ruangan X-Ray pada rumah sakit.
Kerennya lagi material dari Gyproc ini merupakan solusi untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi di bumi. Gypsum Gyproc dapat di daur ualng 100% tidak mengandung bahan beracun, tidak memerlukan banyak air dan dapat menghemat waktu konsturksi hingga 25-30%, sehingga ramah lingkungan ke depannya. Gyproc juga berkomitment untuk terus bernovasi memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan berkualitas yang ramah lingkungan.
Sekarang tunggu apalagi? Material bahan bangunan yang bagus pastinya sudah teruji dan dapat menyesuaikan kebutuhannya sudah terjawab oleh produk terbarunya Gyproc. Aku sendiri juga jadi kepingin banget nanti kalau renovasi rumah menggunakan bahan material dari produk terbarunya Gyproc yang sudah terbukti kelebihannya tidak diragukan lagi.

Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)




1 comments:

Dine Aisah said...

welleeeh boleh juga nih mom.. seharusnya pas kemarin bikin kantor ini postingan udah up ya mom. jadi mesen sama tukang nya pake gyproc hehehehe..
www.sistersdyne.com

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting