Tuesday, August 15, 2017

LRT City Solusi Bebas Macet dan Hidup Lebih Bahagia

Posted by Kania Safitri at 9:40 PM
Hallo Beauties…

Kemacetan merupakan problem masyarakat dan salah satu dari beberapa faktor penyebab stres penduduk kota besar seperti Jakarta. Efeknya juga bukan hanya kepada individu tapi juga orang lain atau lingkungan terdekat. Lebih parahnya lagi, itu akan berpengaruh kepada kesehatan badan dalam jangka waktu dekat maupun panjang.

Banyak sekali kerugian yang ditimbulkan akibat kemacetan di jakarta secara ekonomi mencapai Rp. 28,1 triliun per tahun. Tidak hanya itu kerugian waktu karena percepatan perjalanan yang rendah, pemborosan energi karena penggunakan bahan bakar kendaraan bertambah, meningkatkan polusi udara dan tentunya meningkatkan stress pengguna jalan.

Saat aku menghadiri acara Blogger Gathering yang diundang BloggerCrony yaitu LRT City, Blogger Gathering bertajuk Quality Time untuk Hidup Lebih Bahagia, pada tanggal 14 Agustus 2017 bertempat di booth LRT City, Indonesia Properti Expo 2017, JCC Senayan Hall A – Jakarta. Aku jadi tambah pengetahuan mengenai dampak kemacetan terhadap individu, pentingnya quality time serta salah satu solusi untuk mengurai kemacetan tersebut. What??? Macet kan problem lama Jakarta! Apa benar ada solusinya?! Eits… jangan emosi dulu, mau tau seperti apa solusinya? Yuk dibaca terus sampai selesai, karena aku akan share apa yang aku dapatkan dalam acara ini. So… ambil cemilan dan minuman segar dulu ya biar sambil asik bacanya hehehe….
Dalam acara ini menghadirkan pakar psikolog ibu Tika Bisono yang menjelaskan kemacetan di Jakarta yang sudah merajalela dapat membuat orang menjadi stres ketika menghadapi kemacetan. “Dalam psikologi istilah stres untuk menunjukkan suatu tekanan atau tuntutan yang dialami individu/organisme agar bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri”. Namun lebih dari itu, ada akibat yang seharusnya tidak boleh diadaptasi. Yaitu selalu terlambat sampai dirumah. Menurut ibu Tika, dari kacamata psikologis hal seperti ini tidak boleh diadaptasi sama sekali.
Ibu Tika Bisono sedang menjelaskan dampak macet terhadap individu
Melihat beban psikologis kaum urban, ibu Tika melihat kebutuhan individu akan sebuah ‘quaity time’ yang merupakan sesuatu yang wajib untuk dipenuhi. Kita harus punya waktu berbahagia dengan pasangan, anak, keluarga atau untuk diri sendiri. Misal, kita masih punya waktu untuk jogging seminggu tiga kali. Itu sudah bagus atau pikini bersama pasangan dan anak-anak.

Kemudian dilanjutkan sharing dari ibu Nuniek Tirta Ardianto, seorang pengusaha yang juga ibu dari dua anak yang mengungkapkan pentingnya quality time yang merupakan waktu untuk diri sendiri atau orang-orang terdekat dengan fokus penuh tanpa distraksi gadgets. Tidak lupa menyelipkan ‘me time di sela-sela meeting atau events dengan ke cafĂ© atau perpustakaan.
Ibu Nuniek Tirta Ardianto sedang sharing pentingnya quality time
Nah yang menurut aku paling menarik adalah salah satu solusi dari kemacetan yaitu dengan pembangunan sistem transportasi masal seperti LRT. Jujur… jujur yah aku memang kudet (kurang update) dalam sistim transportasi dan belum paham benar tentang LRT ini. Aku gak mau pelit informasi ah… jadi aku akan jelaskan tentang LRT ke kalian (siapa tau ada yang sama seperti aku belum up to date dengan transportasi ini hehehe…)
Image source by Google
Apa itu LRT ?
LRT  atau Light Rail Transit adalah salah satu pengembangan angkutan massal kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan. Dengan konstruksi ringan, LRT  dapat dioperasikan berjalan berama lalu lintas kendaraan lain atau dalam lintasan khusus.

Bagaimana LRT dibangun?
- Dibangun di atas row jalan eksisting/lajur melayang untuk mengurangi pembebasan lahan
- Elevated track yang memungkinkan operasi kereta dengan frekuensi dan kecepatan tinggi
- Akses ke station dengan konsep skywalk memungkinkan pengembangan properti untuk peningkatan pendapatan
- Jalur LRT menghubungkan berbagai kawasan pemukiman di tepi kota dengan berbagai pusat aktivitas ekonomi
- Fleksibilitas LRT memungkinkan jalur berada diantara gedung atau kawasan-kawasan lain dengan ketersediaan lahan relatif sempit.
Image source by Google
Apa tujuan LRT dibangun?
Untuk meningkatkan cakupan layanan, kapasitas, dan kualitas sistem angkutan umum di Jakarta, memperbaiki koordinasi dalam penyediaan sistem angkutan umum dan mengintegrasikan dengan moda angkutan lainnya.

Menurut aku lebih simplenya siy proyek ini bertujuan membantu mengurai kemacetan Ibu kota Jakarta, serta memberikan pilihan moda transportasi massal bagi masyarakat dari luar Jakarta menuju Jakarta dan sebaliknya.

Kapasitas penumpang LRT?
LRT ini akan mampu mengangkut penumpang sampai 460.000 penumpang/hari yang dinilai efektif untuk membantu mengurai penggunaan mobil pribadi.

LRT diharapkan akan mampu mengubah kehidupan masyarakat Jakarta yang selama ini menggunakan sarana transportasi pribadi, berubah menggunakan sarana transportasi umum.

Jakarta memerlukan kawasan yang dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) sebagai solusi akan kondisi kemacetan yang ada. Sehingga dengan adanya kawasan TOD, masyarakat akan diuntungkan, baik hunian maupun komersial, yang terintegrasi dalam satu kawasan dengan sistem transportasi masal.

Konsep TOD adalah sebuah konsep penataan kota yang dinilai paling tepat untuk solusi jangka panjang masyarakat Jakarta. Dengan konsep yang mengedepankan Connect, Compact, Transit, Mix, Shift, Walk, Densify dan Cycle, kawasan TOD akan menjadi solusi yang memberikan kenyamanan bertempat tinggal, serta menjadi peradaban baru dalam kehidupan masyarakat kaum urban di jakarta.

Ada dua penggagas LRT di jakarta Pemprov DKI yang membangun LRT dalam kota dan PT Adhi Karya (persero) Tbk, yang akan membangun penghubung Jakarta ke kota sekitarnya.
Image source by Google
PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, melalui Departemen TOD dan Hotel, mengembangkan kawasan dengan konsep Transit Oriented Development dengan nama LRT City. Dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, mengadopsi tata campuran (mixed use), memaksimalkan penggunaan angkutan masal LRT dengan dilengkapi jaringan prasarana pejalan kaki dan sepeda.
Rencana pengembangan LRT Jabodetabek oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk antara lain :
  • LRT City Sentul – Royal Sentul Park
  • LRT City Bekasi – Eastern Green
  • LRT City Jaticempaka – Gateway Park
  • LRT City Ciracas – Urban Signature dan
  • LRT City MT Haryono

Image source by Google
Penjelasan informasi seputar LRT City ini dijelaskan banyak oleh Bapak Setya Adji Pramana selaku Manager Eastern Green, salah satu project LRT yang terletak di Bekasi. Beliau juga mengatakan pengembangan LRT City ini merupakan upaya PT Adhi Karya (persero) Tbk, untuk memberikan kehidupan dan peradaban baru bagi masyarakat kaum urban di Jakarta dan kaum suburban di daerah penyangganya. Beberapa lahan yang berlokasi di titik nol kilometer stasiun LRT Jabodetabek, dan itu yang dikembangkan untuk menjadi kawasan hunian dan komersial. Ini merupakan solusi yang ditawarkan kepada masyarakat, agar kaum suburban bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas karena terbebas dari problem kemacetan yang semakin parah.
Bpk. Setya Adji Pramana sedang menjelaskan LRT City
Jadi kalau sudah terbebas dari macet kita bisa punya waktu quality time lebih banyak untuk diri sendri dan tentunya untuk orang-orang terdekat yang kita sayangi. Kita dapat berkumpul menghabiskan waktu bersama-sama anggota keluarga untuk membangun komunikasi dan hubungan baik dalam keluarga juga keharmonisan rumah tangga tentunya hidup akan terasa lebih bahagia.

Baiklah kamu pasti bilang itu kan solusi dari kemacetan dalam waktu jangka panjang, nah untuk jangka pendeknya mana? Tenang aku punya beberapa hal yang dapat dilakukan jika terjebak macet untuk menghilangkan stress, yaitu:
1. Mengambil dan menghembuskan napas secara perlahan,
2. Mendengarkan musik bertempo pelan, dan
3. Menaruh aroma terapi yang disukai.

Gimana solusi menghilangkan stress kemacetan dari aku belum ampuh juga? Kalau gitu kamu dirumah aja deh yah duduk manis biar ga kena macet. Mau naik pesawat aja kudu naik transportasi darat ke bandara yang kemungkinan besar kena macet banget siy kalau bandara Jakarta walaupun udah masuk TOL juga hehehe…
Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.
Image source by Mba Wardah Fajri

16 comments:

Zulfikar Akbar said...

Bapak-bapak pun terbantu lbh punya waktu dengan keluarga dengan ide ini, Kania

Winda Trisuci said...

Jakarta emang parah si macetnya, dan Bandung sekrangmulai sama :( sedih deh ke kantor jadi lama banget

http://www.dajourneys.com/

Papi KYH said...

Jangan stress mak di jalan. Bilang sama si bapak aja "kapan punya unitnya?"

turiscantik.com said...

macetnya jakarta memang kadang bikin stres. walaupun saya tinggal di wilayah penyangga yaitu tangsel, tapi tiap hari hari ke ibu kota demi sesuap nasi eaaaaa hahhah

Mandore Id said...

akh perasaan jakarta nggak macet deh

farida pane said...

semoga berhasil mengatasi kemacetan ya.. :)

Kania Safitri said...

@Zulfikar Akbar iya dong bapak-bapak harus juga punya quality time untuk keluarga walaupun kerja diluar rumah ya mas Zul.

Kania Safitri said...

@Winda Trisuci iya Jakarta mah emg udah dr dulu problemnya di jalan super macet jadi kudu berangkan lebih awal deh hehehe Bandung jg siy udah macet jg kalo aku lg main kesana jd sama aja ky Jakarta kalo macet hehehe....

Kania Safitri said...

@Papi KYH hahaha... bisa aja kalo udah ada uangnya gak usah ditanya pasti dibeli :)) tuh kan jd pengen punya unitnya niy skrg :D

Kania Safitri said...

@Turiscantik.com macetnya luar bisa ya mba demi sesuap nasi dan segenggam berlian aku rela macet hahaha....

Kania Safitri said...

@Mandore Id duh pasti kamu tidru deh kalo lg di jalan jd gak liat macet yah hehehe....

Kania Safitri said...

@Farida Pane iya mba amin... biar gak stress dan kelamaan di jalan yah macet mulu jd males pergi naik mobil mbak :)

Tetty Hermawati said...

Enaknya kalo solusi macet kyak gini.

Kania Safitri said...

@Tetty Hermawati iya mba Tetty semoga saja bisa cepat sampai dirumah ya kalau jalanan gak macet.

Mira Miut said...

Pas nih buat mba aksesnya mudah

Lia Harahap said...

LRT bisa nampung segitu banyaknya orang, kebayang berapa banyak mobil yang hilang dari jalanan ibu kota. Semoga kemacetan bisa segera teratasi :)

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting