Thursday, August 24, 2017

Apakah Kamu Memiliki Wajah Proporsional?

Posted by Kania Safitri at 6:47 AM
Hello Beauties...

Kalau baca judul aku saat ini kok sepertinya mengacu pada deretan wajah artis terkenal yang pasti terlihat memiliki wajah cantik. Hmm... sebenarnya wajah proporsional itu seperti apa siy? dan apakah hanya artis-artis saja yang memiliki wajah proporsional? Hmm... simak terus ulasan aku yang satu ini yah oh ya kamu juga beneran bisa ikut kontes pencarian wajah proporsional di Asia lho yang hadiahnya pastinya sangat menarik. Mau tau seperti apa? cuss dibaca sampai selesai.

Pada hari Selasa 22 Agustus 2017 aku diundang ke suatu acara Media & Blogger Gathering yang diadakan oleh Merz Aesthetics - Golden Ratio Search, bertempat di Brewerkz Bar & Grill, Senayan City - Jakarta. Nah biar gak bingung sedikit penjelasan tentang Merz Aesthetics. Merz Aesthetics merupakan perusahaan penyedia Ultherapy, sebuah teknologi ultrasound untuk perawatan kecantikan non-bedah yang dapat mengencangkan kulit, dan telah lolos uji FDA – memulai pencarian untuk menemukan kandidat dengan wajah proporsional di Indonesia dan Asia melalui ajang MAAT Golden Ratio Search (Ajang Pencarian Golden Ratio berdasarkan MAAT) yang akan berlangsung hingga tanggal 30 September 2017. Selain di Indonesia, ajang pencarian ini juga diselenggarakan di 9 negara di Asia yaitu Hong Kong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.
Jadi ajang MAAT Golden Ratio Search merupakan yang pertama di Asia dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman kepada para wanita tentang proporsi dan daya tarik wajah serta merupakan bagian dari ajang peluncuran pedoman medis pertama yang membahas pendekatan holistik perawatan kecantikan wajah proporsional di Asia. Peluncuran pedoman medis tersebut akan dilaksanakan pada 38th Annual Meeting of the International Society for Dermatologic Surgery (ISDS) (Pertemuan Tahunan ISDS ke-38) di Bangkok, November 2017. Ajang pencarian ini merupakan program yang dikembangkan untuk mendukung tujuan dari pedoman medis tersebut, yaitu mengaplikasikan sains dalam dunia kecantikan  dan menyediakan pedoman perawatan kecantikan yang sesuai dengan proporsi wajah seseorang.

Acara ini menghadirkan General Manager Merz Indonesia, Ricardo Manaloto yang mengatakan, "Setiap orang memiliki pendapat pribadi yang berbeda-beda tentang kecantikan wajah. MAAT Golden Ratio Search menggunakan ilmu pengukuran untuk menciptakan kesadaran publik bahwa rasio simetri wajah juga merupakan bagian dari kecantikan. Wanita yang memiliki pengetahuan tentang proporsi dan bentuk wajah akan mampu menyesuaikan penampilan wajahnya sehingga cocok dengan dirinya.”
Kemudian hadir juga Pakar  Dermatolog dan juga Juri MAAT Golden Ratio Search,  dr. Adri Dwi Prasetyo, Sp.KK menjelaskan, “MAAT Golden Ratio Search menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah. Dengan teknik Golden Ratio, akan membantu para ahli estetik untuk menghitung proporsi wajah dan menentukan treatment apa yang dibutuhkan seperti filler, botulinum toxin, dan yang terbaru adalah Ultherapy, sehingga menghasilkan wajah yang cantik serta juga terlihat proporsional dan simetris.” dr. Adri Dwi Prasetyo juga menjelaskan lebih lanjut tentang perhitungan Golden Ratio, yaitu :


·    The Golden Ratio (rasio panjang dan lebar wajah).
Garis wajah dari bagian trichion (bagian paling atas dahi/garis rambut) hingga ke bagian menton (bagian paling bawah dagu), dan juga garis wajah dari bagian pipi paling kiri ke yang paling kanan perbandingannya harus 1.618:1
·     Proporsi wajah horizontal
Bagian atas (trichion ke glabellar / area wajah antara alis kanan dan kiri), bagian tengah (bagian glabellar ke pangkal hidung) dan bagian bawah wajah (pangkal hidung ke bagian menton) masing-masing harus proporsional; yaitu 1/3 wajah
·     Simetri Wajah
Wajah bagian kanan harus sama simetris dengan yang bagian kiri.
Selanjutnya Pakar Estetik, dr. Kevin Maharis menambahkan, “Banyak treatment kecantikan yang selama ini ditawarkan untuk membuat wajah menjadi lebih terlihat proposional, misalnya mengubah bentuk dagu, rahang, dan tulang pipi yang optimal. Untuk menghindari hasil yang tidak proporsional dengan bentuk wajah, formula Golden Ratio dapat membantu para ahli estetika untuk membentuk wajah yang proporsional.

Acara ini juga menghadirkan nara sumber Pakar kecantikan Affi Assegaf mengatakan, “Penting bagi seseorang untuk mengetahui proporsi dan bentuk wajahnya, agar dapat menentukan serta menyesuaikan penampilan yang cocok dengan wajahnya, mulai dari gaya rambut maupun make-up.” Menurut literatur medis, ada lima jenis bentuk wajah, dan kelima jenis tersebut  dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.
Ajang pencarian wajah proporsial MAAT Golden Ratio Search ini terbuka untuk wanita berusia diatas 21 tahun yang berdomisili di Indonesia. Kandidat yang ingin berpartisipasi dapat mengunggah foto pribadi sesuai ketentuan di www.goldenratiosearch.com. Seluruh kandidat akan dinilai berdasarkan proprosi wajah – yaitu berdasarkan The Golden Ratio (rasio panjang dan lebar wajah), proporsi horizontal wajah, dan simetri wajah – yang dinilai oleh empat orang juri yang terdiri dari pakar medis dan kecantikan, yaitu: dr. Adri Dwi Prasetyo, Sp.KK (Dermatolog), dr. Kevin Maharis (Dokter estetik), serta Affi Assegaf (Pakar kecantikan) dan Ricardo Manaloto (General Manager, Merz Indonesia) mewakili Merz Aesthetics selaku penyelenggara ajang “MAAT Golden Ratio Search”. Keempat juri tersebut akan menentukan 12 kandidat dengan wajah proporsional untuk di-voting (10%) di Facebook Golden Ratio Search Indonesia (https://www.facebook.com/GoldenRatioSearchID/) dan Instagram GoldenRatioSearchID (https://www.instagram.com/goldenratiosearchid/) pada tanggal 7 hingga 14 Oktober 2017. 

Kandidat yang terpilih dengan wajah paling proporsional akan berkumpul bersama dalam pengumuman dan acara pembukaan 38th Annual Meeting of the International Society for Dermatological Surgery (ISDS) pada bulan November 2017. Kandidat terpilih yang mewakili Indonesia akan mendapatkan uang saku sebesar US$3,000. Ajang pencarian ini akan berakhir pada tanggal 30 September 2017.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai “MAAT Golden Ratio Search,” silakan kunjungi GoldenRatioSearch dan www.merz.com. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

1 comments:

Innnayah said...

Kalau ka Kania sih udah pas beautiful. Baca ini sambil itung2

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting