Wednesday, May 31, 2017

Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia

Posted by Kania Safitri at 11:36 PM
Hello Beauties...

Hayo... untuk para wanita kalau baca judul blogpost aku kali ini sudah pada tau belum kapan siy tanggal Hari Kebersihan & Kesehatan Menstruasi? hmm... yup tanggal 28 Mei adalah hari untuk mengingatkan kembali pada semua wanita pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan terutama saat menstruasi. Jadi tepat banget niy akhir bulan Mei belum lama ini aku menghadiri acara Blogger Gathering, di Penang Bistro Cafe Oakwood Jakarta.
Aku bersama teman-teman blogger lainnya mendapatkan ilmu tentang pentingnya menjaga kebersihan kewanitaan dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi Dunia 2017. Acara kali ini dihadiri beberapa narasumber seperti dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan Adi Prabowo sebagai Manager Consumer Health Mundipharma Indonesia dan pastinya acara ini berjalan seru karena dibawakan oleh MC mba Veve Adeline.
Berdasarkan penjelasan dari narasumber dr. Eni Gustina, MPH pastinya ilmu ini belum aku dapatkan pada waktu aku masih usia remaja yang pada masa aku remaja masih dianggap tabu sehingga orang tua pada jaman dahulu kalau anak remaja putrinya sudah mengalami menstruasi bisa dibilang cuek dan kurang memberikan edukasi yang sebaiknya dilakukan remaja putri. Resiko infeksi area kewanitaan meningkat pada saat menstruasi, karena itu kebersihan area kewanitaan sangatlah penting. Area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya dapat memicu ketidak seimbangan pH pada area kewanitaan dan menyebabkan infeksi.
Di Indonesia banyak ditemukan kasus infeksi pada area kewanitaan seperti keputihan, gatal-gatal, perih dan sebagainya. Infeksi pada area kewanitaan yang berulang dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kanker serviks, kerusakan sistem imun tubuh, infeksi menyeluruh (sepsis). Faktanya 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya.

Mengapa kita perlu tahu Manajemen Kebersihan Menstruasi?
1. Ini adalah hak bagi perempuan dan anak perempuan
2. Banyak anak perempuan tidak paham sepenuhnya bahwa menstruasi adalah proses biologis normal-hanya belajar tentang menstruasi pada menarche (pertama kalinya haid)

Laki-laki juga perlu tahu Manajemen Kebersihan Menstruasi karena berdampak bagi meningkatnya pengetahuan tentang kesehatan sistem reproduksi manusia, meningkatnya keterampilan pola pengasuhan orang tua dan mendorong kesetaraan gender. 
video
Kebersihan area kewanitaan pada saat menstruasi dapat dijaga dengan :
- Mengganti pembalut secara berkala maksimal 3-4 jam sekali
- Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
- Menggunakan pembersih antiseptik kewanitaan terutama pada bagian pubis (bagian luar) daerah kewanitaan
- Membasuh area intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik. 

Salah satu antiseptik yang dapat digunakan untuk membersihkan area kewanitaan saat menstruasi adalah antiseptic kewanitaan yang mengandung Povidone - Iodine yang terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri buruk sekaligus mengembalikan kondisi flora bakteri natural pada daerah kewanitaan. Povidone - Iodine adalah zat antimikroba yang termasuk dalam zat antiseptik spektrum luas yang paling efektif dalam menghadapi infeksi vaginitas dan tetap menjaga kondisi normal flora vagina saat bekerja menurunkan infeksi  hingga ke batas minimum.

Pada kesempatan kali ini kita semua juga belajar mengenai organ intim atau Genitalia perempuan oleh Bu dr. Botefilia, SpOG KFER jadi gak usah malu lagi kalau belajar tentang organ tubuh karena ini merupakan salah satu bagian terpenting bagi manusia untuk memahami serta menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. 
Haid atau menstruasi merupakan proses terlepasnya lapisan endometrium akibat perubahan hormonal siklik yang terjadi setiap 28 hari sekali yang terjadi selama 7 hari normalnya. Jadi haid yang normal terjadi 1x dalam 1 bulan dengan interval 21 - 35 hari lamanya 3 - 7 hari. lamanya haid bervariasi umumnya 4 - 6 hari dan umumnya akan sama dari silus ke siklus pada siklus ovulatoir. Jumlah darah haid normal adalah 25 - 60 ml.

6 tips untuk menjaga kesehetan area kewanitaan :
1. Zona bebas sabun : vagina dalam tidak perlu
2. Panty parfume : lupakan saja
3. Periksa ke Ginekologi minimal 1 thn sekali 
4. Underwear katun : sehat dan tetap sexy 
5. Ganti pembalut beberapa jam sekali 
6. Pertahan kan pH Vagina yang sehat : 3,5 - 4

Selanjutnya pak Adi Prabowo menjelaskan tentang Betadine Feminine Hygiene yang merupakan produk antiseptic yang dipercaya oleh rumah sakit di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun dan mengobati infeksi. Betadine Feminine Hygiene adalah pembersih antiseptik kewanitaan untuk mengatasi gejala infeksi seperti gatal, iritasi ringan, bau tak sedap dan keputihan. Povidone - Iodine menjaga flora vagina normal tetap ada saat bekerja menurunkan infeksi hingga batas minimum. 
Betadine memiliki empat kategori utama produk yakni perawatan luka, perawatan kewanitaan, perawatan rongga mulut dan tenggorokan serta antiseptic skin cleanser atau pembersih kulit yang dapat digunakan untuk cuci tangan dan mandi. 
Pak adi juga menjelaskan cara pemakaian yang benar dengan Betadine yaitu tuangkan 1 tutup botol (8ml) Betadine Feminine Hygiene dan campurkan dengan 1 liter air bersih. Basuhkan pada area kewanitaan, bahkan selama 1 menit kemudian bilas kembali dengan air bersih. Gunakan setiap mandi saat periode menstruasi atau ketika terjadi infeksi seperti gatal-gatal atau keputihan. Untuk menurunkan resiko infeksi : gunakan 2x seminggu, setelah mandi pagi dan sore. Untuk pengobatan : gunakan 2x sehari selama 5 hari berturut-turut. 

Serunya lagi kita bisa menanyakan seputar permasalahan kewanitaan ini yang dijawab langsung oleh para ahlinya. Jadi kita bisa puas dan jelas mendapatkan penjelasan yang tepat dan benar dan tidak menjadi tanda tanya lagi sepanjang hidup hehehe...
Nah sekarang kita sudah semakin memahami bukan arti penting menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi? Yuk kita sebar luaskan serta diaplikasikan untuk diri sendri juga untuk keluarga, saudara atau teman-teman. 

Apakah kalian juga punya tips seputar menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan? let me know and feel free to comment bellow. Ok, sekian tips dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)


2 comments:

Sophia Mega said...

Wah baru tau kalau ada hari menstruasi :'D

Thank you for sharing ya. Aku jadi tauuu harus jaganya gimana ajaaa. :)

www.sophiamega.com

Kania Safitri said...

@Sophia Mega iya mba ini bagus banget materinya soalnya perempuan banget kan tiap bulan dan memang harus lebih ekstra menjaganya ya mba :)

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting