Thursday, November 3, 2016

BCA PRIMA Segala Transaksi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Posted by Kania Safitri at 9:06 AM
Halo semua…
Image source : Google
Belum lama ini saya punya pengalaman seru bersama teman-teman blogger dan media dalam acara BCA PRIMA Amazing Experience. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 – 26 Oktober 2016 di Bandung. Sebelum acara ini berlangsung para blogger yang terpilih diundang untuk datang ke acara pre-event untuk Sosialisasi mengenai lomba BCA PRIMA Amazing Experience dan Workshop seputar Video. Pre-event ini diadakan pada Senin, 17 Oktober 2016 berlokasi di Rumah Perubahan Rhenald Khasali.
Senang rasanya bisa hadir di pre-event acara ini saya dan para bloggers serta rekan media bisa merasakan suasana Rumah Perubahan yang terletak di tengah-tengah perkampungan dengan alam yang asri; gemericik air sungai, melihat ikan di kolam, padang rumput yang hijau, hutan mini, serta kawasan persawahan, meskipun letaknya tidak jauh dari Jakarta yang bising dan padat.jj
I



Sesampainya disana kami disambut oleh tuan rumah Bapak Rhenald Khasali yang memberikan penjelasan tentang Rumah Perubahan yang berdiri sejak tahun 2007 dimana awal terjadinya krisis moneter dan Bapak Rhenald ingin membantu bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan dengan membuka lapangan pekerjaan, Beliau memberikan pekerjaan di area perkantoran yang ternyata kurang cocok karena mereka lebih terbiasa untuk pekerjaan seperti mencangkul, bercocok bertanam, mengolah hasil sawah sehingga terciptalah rumah perubahan ini.
Bapak Rhenald Khasali
Sebagai wadah pengabdian masyarakat, Rumah Perubahan dibangun dalam frame Social Entrepreneurship, sehingga aspek kewirausahaan yaitu kemandirian, inovasi, berorientasi pada hasil dan tindakan nyata, serta mengedepankan proses dan etika selalu mewarnai perubahan yang digagas dan dilakukannya. Rumah Perubahan menjadi tempat bertemu dan digemblengnya para Agen Perubahan. Mereka adalah calon-calon wirausaha, pelaku-pelaku perubahan, dan top executive  dunia usaha, guru, pegawai negeri, aktivis lingkungan, agamawan, penegak keadilan, dan para pekerja sosial.
Yeay... saya dapat buku dari Bp. Rhenald Khasali
Kemudian acara dilanjutkan sambutan hangat dari Bapak Hermawan Tjandra sebagai EVP Marketing PT. Rintis Sejahtera dilanjutkan sambutan oleh Ibu Lusi sebagai perwakilan dari BCA, Tidak lama kemudian juga dari Ibu Apri Susanti sebagai Marketing PT. Rintis Sejahtera yang menjelaskan mengenai Jaringan PRIMA. 
Bapak Hermawan Tjandra
Ibu Lusi
Ibu Apri Susanti
PT. Rintis Sejahtera berdiri pada tahun 1991, PT Rintis Sejahtera (RINTIS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian sistem komunikasi satelite VSAT. Pada Agustus 2000, dengan dukungan teknologi canggih VSAT yang terdepan, RINTIS dipercaya menjadi penyedia layanan switching dan komunikasi bagi jaringan ATM BCA. Pada tahun 2005, Rintis melakukan perubahan logo ATM/Debit BCA yang selanjutnya berubah menjadi PRIMA/PRIMA Debit.

PRIMA adalah Jaringan ATM yang beroperasi di Indonesia. Jaringan ATM PRIMA dimiliki oleh PT Rintis Sejahtera. PT Rintis Sejahtera adalah penyedia layanan komunikasi satelit yang mengirimkan informasi digital di kawasan ini dan di seluruh dunia. Sebelum ATM PRIMA diciptakan, jaringan ini dikenal sebagai ATM BCA yang sebelumnya hanya mengoperasikan ATM dari BCA saja.

Sampai saat ini PRIMA telah beranggotakan 61 Bank Peserta ATM PRIMA dan 44 bank tergabung dalam layanan Prima Debit dari berbagai jenis bank, dengan layanan yang didukung oleh lebih dari 96.000 jaringan ATM PRIMA dan lebih dari 380.000 jaringan EDC di seluruh Indonesia.

Pengetahuan seputar PRIMA ini menambah pengetahuan kita tentang berbagai manfaat dari jaringan PRIMA sehingga semua transaksi keuangan dapat berjalan dengan real time online. Dengan ATM PRIMA dengan bank apapun asalkan terdaftar dalam jaringan PRIMA maka bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, pembelian pulsa, tarik tunai, transfer sesama bank atau antar bank…

Selanjutnya yang sudah ditunggu-tunggu kami diberi workshop seputar video oleh mba Marisca Surahman yang bersedia berbagi pengalamannya yang sudah berhasil membuat video yang hasilnya super keren seperti salah satunya video klip penyanyi Tulus, workshop seputar pembuatan video ini pastinya sangat bermanfaat khususnya bagi saya yang baru memulai belajar untuk pembuatan video. Proses pembuatan video kali ini menggunakan program Adobe Premiere CS6 dimana program ini sudah bisa mencakup pembuatan video dari opening, transisi, closing hingga pemberian sound effect atau voice over agar video terasa lebih hidup. Pada sesi tanya jawab juga kami mendapatkan banyak ilmu seputar pembuatan video. Sebelum kami berjalan-jalan menikmati keindahan Rumah Perubahan kami diberikan penjelasan mengenai lomba BCA Prima Amazing Experience oleh Ibu Ratna Damayanti sebagai EO dari PRFM selama acara di Bandung.
Mba Marisca Surahman
Ibu Ratna 
Foto bersama kelompok 2 yang berkeliling di Rumah Perubahan
Foto bersama Para pembicara dengan seluruh peserta BCA Prima Amazing Experience
Kemudian hari yang dinanti-nanti yaitu saatnya BCA Prima Amazing Experience setelah sampai di Kota Bandung kami menuju lokasi pertama Missi di BCA  KCU Dago Jl. Ir. H. Juanda, Bandung – Jawa Barat,  yang baru beberapa bulan beroperasi dengan gedung yang masih fresh disanalah kami memulai keseruan kami. Berbekal pengetahuan pada saat pre-event seputar Jaringan PRIMA kami semua peserta mempraktekkan untuk melihat kemudahan menggunakan ATM dari jaringan PRIMA, serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang manfaat dari jaringan PRIMA.
Gedung BCA KCU Dago - Bandung
Peserta yang berjumlah 30 sebelumnya dibagi menjadi 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 peserta. Saya menjadi bagian kelompok 2 yang menjalankan misi dengan menjelajah gedung BCA Dago yang terdapat musium. Kami semua sangat antusias megikuti setiap misi dengan menjawab misi pertama yaitu mencari kursi yang berukir logo BCA, kemudian mencari jumlah mesin uang kartal yang berjumlah 2 dalam musium tersebut serta melakukan foto wefie di dua titik sesuai petunjuk yang diberikan. Lalu kami mencari mobil berlogo PRFM News untuk melanjutkan di misi kedua.
Kursi bersejarah berukir Logo BCA
Pada misi ke dua kami seperti ingin jumping karena ini adalah saatnya belanja! Kami diberikan kartu ATM yang merupakan bank peserta jaringan Prima, yang telah berisikan saldo yang harus digunakan untuk berbelanja kebutuhan Fashion Show pada malam harinya dengan menyiapkan 2 model (pasangan) dengan tema “Colorfull” Saat itu saya dan Ravi yang dipercayakan, dengan gerak cepat kami langsung menjalankan tudas misi ke-2 yaitu dengan tranfer terlebih dahulu sebesar Rp. 150.000 dengan menggunakan kartu ATM jaringan PRIMA lalu balik untuk teka-teki berikutnya menuju Factory Outlet atau sering disebut FO “Kalangan Orang Tajir” ternyata nama FO tersebut adalah Jet Set disana kami membeli 2 buah kacamata dan 2 buah sabuk dengan PRIMA Debit disana kami belanja maksimal Rp. 200.000,-, lalu kami lanjut berburu atasan kostum “Colorfull di FO “Berbunga-bunga” yang ternyata nama FO tersebut adalah Blossom kami berbelanja maksimal Rp.400.000,- petunjuk berikutnya memberikan kami petunjuk pergi ke toko “Bersinar” untuk membeli 1 botol wangiwangian “wild” berukuran kecil dan berbelanja 2 bawahan kostum “Colorful” lalu membayar menggunakan PRIMA Debit maksimal Rp. 425.000,- Selanjutnya masih di misi kedua kami pergi ke toko sepatu yang sebagian namanya seperti tokoh kartun “kura-kura Ninja” kami langsung menuju FP Donattelo dengan membeli 2 pasang sepatu “colourfull” maksimal Rp. 800.000,- Lalu kami mengisi pulsa Rp. 50.000,- di ATM BCA yang ada di toko “merah putih” yang dimaksud adalah Circle K untuk tarik tunai Rp. 100.000,- dan membeli minuman dan cemilan untuk perbekalan tim. Masih dilokasi yang sama kami mencari “Secret Man” yang menggunakan topi putih dengan password “Amazing BCA PRIMA” dengan menunjukkan struk pembelian pulsa untuk mendapatkan mission card selanjutnya. Pada misi ketiga kami diminta untuk ke sebuah rumah makan Jl. Ir. H. Juanda No. 127 untuk menemukan mission card  ke-empat kami dipersilahkan makan siang dengan membayar menggunakan PRIMA Debit  maksimal Rp. 375.000,- untuk satu tim.

Kami lanjut menuju misi selanjutnya dimana kami pindah lokasi dengan menaiki bus bersama-sama menuju area Jalan Setia Budi kami turun di depan Hotel Regata Bandung dan melanjutkan misi ke- lima dengan lokasi sekitar Rumah Mode dengan teka-teki pertama yaitu mencari patung Sarasvati dan melakukan wefie yang kemudian di upload ke Instagram dengan menyebutkan mention IG @atmprima dan @goodlifebca dan menggunakan #BCAPRIMA #AmazingExperience lalu lanjut mencari “Secret Man in Black” dengan password “BCAPRIMA?” dan kami langsung tepat menemukanmya dengan jawaban  “Secret Man In Black” “AMAZING!” dan menunjukkan postingan untuk mendapatkan mission card selanjutnya.
Misi ke-enam kami melakukan tarik tunai sebesar Rp. 100.000 di mesin ATM PRIMA untuk membeli satu batang coklat Wayang dan satu kipas. Kemudian kami memakai kipas tersebut untuk menemukan “Secret Banana Lady” dibawah patung orang utan dengan mengucapkan password “Panas ga?” kemudian dijawab “Panasnya Prima” dengan suasana mulai hujan lalu kami mendapatkan mission card selanjutnya.

Rasa letih dan lelah sudah pasti namun kami harus menyelesaikan hingga misi terakhir dengan dilanjutkan misi ke-tujuh berburu sambal mertua dengan membayar cash. Setelah itu menunjukkan struk pembelian kepada PR-Woman dengan password “Amazing BCA PRIMA?” yang kemudian kami diberi mission card selanjutnya.

Akhirnya sampailah pada misi ke-delapan dimana kami membeli aksesoris berupa gelang/kalung/lainnya dengan PRIMA Debit maksimal Rp. 200,000,- dilanjutkan membeli topi “Buricak Burinong” di fashion world menggunakan PRIMA Debit, maksimal Rp. 100,000,- lalu salah satu dari kami menggunakan topi tersebut menuju Regata Hotel dan mendapatkan petunjuk check in Hotel dari panitia juga harus menggunakan PRIMA Debit.

Dari kedelapan misi yang sudah kami jalani kami menjadi semakin yakin lagi bahwa dengan menggunakan kartu ATM dari bank manapun dapat melakukan transaksi, asalkan bank tersebut merupakan daftar anggota jaringan PRIMA. Berbagai macam transaksi sudah kami buktikan dengan menggunakan ATM Jaringan PRIMA dimana kita bisa berbelanja, cek saldo, transfer, pembelian pulsa, check in hotel, serta tarik tunai di ATM logo jaringan Prima sangat mudah dan cepat dilakukan pada saat itu.

Keseruan berlanjut hingga malam hari kami beristirahat sejenak sambil membersihkan diri lalu mempersiapkan untuk Fashion Show yang bertemakan “colorfull” kami mulai memakai satu persatu barang-barang yang kami beli sebelumnya bersama tim. Kami bekerjasama untuk menampilkan yang terbaik pada malam itu. Pada saat itu saya hanya membawa alat makeup seadanya disini juga kami di uji kretifitas kami dengan perlengkapan backstage seadanya hahaha… pastinya kami saling membantu untuk malam itu. Sebelum acara fashion show dimulai kami dipersilahkan untuk makan malam terlebih dahulu dengan menu-menu yang sangat menggugah selera. Kami pun sambil ngobrol-ngobrol sesama blogger dan menikmati jamuan pada malam hari itu.

Acara fashion show dimulai oleh kelompok 1 dan kehebohan pun sudah terasa beragam aksi untuk menarik perhatian juri dan penonton mulai diperlihatkan. Saya pribadi juga harus menahan rasa ingin tertawa pada malam hari itu. Kemudian saya sebagai perwakilan kelompok 2 sebagai model maju dan menjunjukkan hasil belanjaan kami layaknyanya seorang model profesional tsaah…. Hehehe… Sayangnya saya tidak ada dokumentasi karena harus jadi model semoga dari cerita saya sudah cukup mewakili suasana fashion show ya... Namanya juga usaha jadi kami mencoba menampilkan yang terbaik karena kami tahu ada kelompok yang berani tampil lebih heboh daripada kami. Setelah ke-enam kelompok melakukan fashion show “colorful” kami semua sambil menunggu hasil dewan juri sambil menikmati suasana malam dengan kejadian yang menurut saya hanya ada di BCA PRIMA Amazing Experience. Kami menikmati suara merdu dari kemlompok musik The Fortunes yang membuat suasana malam hari itu semakin istimewa dan kegilaan salah satu anggota kami yaitu Ravi berani maju untuk bernyanyi bersam Jeje semakin larut malam tingkah Ravi semakin membuat kami semua yang menyaksikan tertawa terbahak-bahak dan sampai hasil keputusan juri sudah ditangan MC tiba diumumkan rasanya kami hanya bisa berdoa, karena kunci dari kesuksesan perlu niat, usaha, doa dan ikhtiar kami semua merasa sudah melakukan yang terbaik dan menyerahkan semua menang atau kalah juga bukan tujuan utama karena ditempat ini kami semua berkumpul sudah merupakan suatu yang kebahagiaan yang tak terkira.
Pengumuman pemenang mulai dari live post  terdiri dari 6 pemenang, alhamdulillah terseliplah nama say ini merupakan salah satu bonus kebahagiaan pada malam hari itu lalu ketika MC mengumumkan kelompok terbaik jatuh kepada kelompok 2 dimana itu adalah kelompok saya kami pun merasa bahagia dan terharu usaha dari tim kami berhasil untuk menjadi salah satu pemenang pada malam itu sedangkan tim terheboh dimenangkan oleh kelompok 6 dan tim belanja terbanyak dimenangkan oleh tim 1. Pada malam itu kami semua ikut merasakan bahagia semua saling memberikan selamat dan kami semua tetap bahagia bersama seluruh peserta dan kembali ke kamar maisng-masing untuk beristirahat.

Berikut video yang sempat saya abadikan dia acara BCA PRIMA Amazing Experience:



Keseruan BCA PRIMA Amazing Experience belum berakhir lho… pagi hari selain bisa menikmati fasilitas hotel kolam renang dan sarapan pagi kami bergegas packing dan it’s free time dengan bekal uang saku yang diberikan dari BCA PRIMA Amazing Experience kami bisa berbelanja di waktu luang kami sebelum balik ke Jakarta. Setelah semua berburu belanja sebagai oleh-oleh kami disajikan makan siang di reuinion Resto dengan menu ala barat. Setelah itu diakhiri foto bersama kami semua balik kemobil untuk pulang ke Jakarta.

Wah senangnya banyak pengalaman seru  dan bermanfaat yang saya dapatkan selama 2 hari ini. Selain bisa bertemu banyak teman baru, saya juga jadi tau lebih banyak manfaat dari Jaringan PRIMA, tidak lupa juga ilmu dari pre-event yaitu saya belajar dari Rumah Perubahan Rhenald Khasali dan cara pembuatan video pastinya ini merupakan kebahagiaan yang akan selalu dikenang bersama teman-teman blogger dan media.

Untuk informasi ATM PRIMA lebih lanjut bisa mengunjungi 
IG : @ATMPrima
Twitter : @ATMPrima

Sedangkan untuk informasi seputar BCA bisa mengunjungi 
Twitter : @GoodLifeBCA
Facebook : GoodLife BCA

Terima kasih BCA, PT. RINTIS SEJAHTERA, PRFM selaku EO dan Bblog Indonesia atas acara yang super seru,  bermanfaat dan menginspirasi untuk bisa hidup lebih baik lagi. Well sekian semoga tulisan ini juga bermanfaat dan menginspirasi bagi yang membacanya.
Have a nice day...

  

2 comments:

Witri Prasetyo Aji said...

BCA ini memang kuerrreeen, sering banget ngadain acara sama blogger2...

Kania Safitri said...

Hai Witri.... iya beneran acara ini tuh bener-bener seruuuu iya BCA Prima sekarang lg rajin adain kerjasama bareng blogger baik banget yah... Thanks Witri sudah mampir ke blog aku :)

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting