Wednesday, October 19, 2016

Manfaat Buah Kiwi Zespri New Zealand

Posted by Kania Safitri at 3:18 AM
Hello Beauties...

Gaya hidup sehat saat ini memang sudah wajib dilakukan, karena kesehatan merupakan hal yang terpenting. Sehingga dari sekarang mulailah memakan makanan yang sehat bagi tubuh salah satunya buah-buahan. Manfaat buah-buahan dapat menjaga kesehatan tetap optimal. Buah-buahan dapat menjadi makanan yang bermanfaat karena merupakan sumber alami dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Salah satu buah yang akan saya bahas yaitu buah Kiwi Zespri New Zealand yang kaya akan manfaat bagi tubuh untuk kesehatan tubuh kita.
Zespri adalah perusahaan New Zealand yang memasarkan buah Kiwi lebih dari 54 negara di dunia. Merk Zespi menerapkan Zespri system yaitu supply chain berkesinambungan yang ramah lingkungan dan alami. Mulai dari proses pengembangan varietas kiwi, proses penanaman sampai dengan pengiriman, semua dilakukan dengan cara alami.
Buah kiwi awalnya dikenal sebagai Chinese Goosberry dibawa ke New Zealand oleh seorang guru bernama Isabel Fraser pada tahun 1904. Pengelolaan yang baik didukung oleh tanah New Zealand yang subur dan iklimnya yang mendukung, menjadikan buah kiwi sebagai salah satu produk ekspor unggulan negeri tersebut hingga saat ini.
ada 7 fakta mengagumkan mengenai buah Kiwi Zespri New Zealand yaitu :
1. Buah Kiwi adalah buah yang kaya dengan nutrisi
Buah Kiwi adalah buah yang secara konsisten memiliki nutrisi paling banyak dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Ini berarti kita akan mendapatkan vitamin dan mineral lebih banyak per gramnya, maupun per kalorinya dari buah Kiwi dibandingkan dengan buah lainnya.
2. Buah Kiwi kaya akan Vitamin C
Banyak orang berfikir bahwa buah jeruk atau lemon adalah buah yang paling banyak mengandung Vitamin C, padahal mereka seharusnya juga berfikir mengenai buah Kiwi. Pada kenyataannya buah kiwi memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dibandingkan jeruk maupun lemon. Jadi, kalian hanya membutuhkan dua buah kiwi perhari untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C yang direkomendasikan perharinya (kebutuhan perhari)
3. Buah Kiwi juga memiliki kandungan Vitamin lain yang lebih tinggi dibandingkan buah-buah lain.
Vitamin E
Biasanya makanan yang mengandung rendah lemak bukan merupakan sumber yang baik bagi Vitamin E. Buah kiwi memiliki kandungan lemak yang rendah, namun merupakan sumber alami vitamin E yang tinggi yang merupakan antioksidan dan dibutuhkan untuk kesehatan jantung.
Asam Folat
Merupakan sumber alami asam folat yang sangat dibutuhkan untuk mencegah kelainan tabung syaraf pada janin (folat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan), juga bagi perkembangan otak dan kognitif anak-anak serta mencegah penyakit kardiovaskular. Setiap orang membutuhkan asupan folat yang cukup dalam makanan mereka. Bahkan folat sangat penting sehingga di beberapa negara ditambahkan kandungan folat pada tepung untuk memastikan kecukupan asupan folat.
Potasium
Kandungan potasiumnya sama dengan pisang namun hanya memiliki setengah kalori - hal ini menjadikan buah kiwi sempurna sebagai sumber Potasium dan rendah sodium yang memiliki manfaat untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung.
4. Buah Kiwi mengandung antioksidan alami yang tinggi (seperti polyphenol, karotenoid) dan manfaat phytochemical lain.
Phytochemical atau phytonutrient adalah zat natural yang ditemukan di buah dan sayur dan terkait dengan meningkatkan antioksidan pada tubuh. Mengkonsumsi buah kiwi membantu meningkatkan antioksidant secara signifikan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.
5. Mengkonsumsi buah Kiwi bersama dengan makanan lainnya, terbukti mengurangi stres oksidatif akibat makanan yang di konsumsi, terutama makanan dengan lemak tinggi.
Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Literatur medis membuktikan bahwa stres oksidatif adalah penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, aizheimer dan lain-lain. Stres oksidatif dapat dicegah dan dikurangi dengan asupan antioksidan yang cukup dan optimal ke dalam tubuh, seperti konsumsi antioksidan melalui konsumsi buah kiwi. Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi buah kiwi pada saat atau setelah makan terbukti mengurangi stres oksidatif.
6. Buah Kiwi membantu dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
Perlindungan secara alami dari kesibukan sehari-hari membantu dalam menanggulangi tekanan, radang dan serangan dari bakteri dan virus yang banyak berkembang. Percobaan yang pernah dan sedang dilakukan membuktikan bahwa buah kiwi efektif memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
7. Buah Kiwi sangat baik untuk mengurangi sebah dan kembung karena kandungan enzim pencernaan Actinidin dan serat tinggi yang membantu kelancaran proses pencernaan
Buah Kiwi dikenal sebagai sumber alami, hal ini disebabkan oleh kombinasi yang unik dari serat dan komponen lainnya dalam buah kiwi terutama enzim actinidin. Berdasarkan hasil penelitian Universitas Otago enzim alami actinidin, yang hanya ada di buah kiwi hijau, terbukti memperbaiki pencernaan dan meningkatkan pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap dan mempercepat penyerapan nutrisi. Kandungan serat tinggi pada buah kiwi juga membantu proses kerja pencernaan dan meringankan konstipasi.

Bagaimana menikmati buah Kiwi?

  • Buah kiwi Zespri dapat bertahan lebih lama apabila disimpan di suhu yang cukup dingin. Simpan buah kiwi Zespri di suhu ruangan agar matang lebih cepat.
  • Buah kiwi Zespri membutuhkan waktu 1-3 hari di suhu ruangan untuk matang dan memiliki rasa lebih manis.
  • Buah kiwi Zespri akan matang lebih cepat apabila disatukan dengan buah lain seperti apel dan pisang.
  • Buah kiwi Zespri lebih manis saat lebih lunak
  • Buah kiwi Zespri juga dapat digunakan sebagai dressing pada salad dan sebagainya, tapi tidak direkomendasikan dimasak dalam suhu panas karena akan mengurangi nutrisinya.
  • Buah kiwi juga dapat dinikmati dengan memasukkan potongan buah kiwi ke dalam air mineral sebagai Kiwifruit infused water.
  • Hindari melunakkan kiwi dengan cara dijemur terpapar sinar matahari langsung. Cara ini akan melunakkan kiwi namun tidak matang sempurna sehingga rasanya tidak akan mejadi manis.

Tips pemilihan buah Kiwi Zespri yang siap santap:
Tekan bagian atas dengan ibu jari dan menekan badan buah dengan jari lainnya. Jika terasa lunak, maka buah kiwi sudah manis dan bisa dimakan. Jika dibiarkan terlalu lunak buah bisa menjadi kelewat matang yang menurunkan kualitas rasa buah.
Selain dengan cara menekan badan buah dengan telapak tangan, kematangan buah juga dapat dideteksi dengan warna buah. Warna buah kiwi yang lebih gelap menunjukkan tingkat kematangan dan kemanisan yang lebih tinggi.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website Zespri di www.zespri.co.id

See you on my next post and don't forget to follow my Blog, IGFB and Twitter.

1 comments:

fidelia harris said...

Aku suka Kiwi.. pake banget lohh..

*Pengumuman, kali aja besok2 mau kirim Kiwi kerumah ehehehe..

http://fideliaharris.blogspot.co.id/

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting