Monday, July 11, 2016

Buka Puasa Bersama Danone

Posted by Kania Safitri at 8:01 PM
Hello Beauties...

Well this is my late post? Hehe iya maaf yah.. di bulan puasa kemarin aku diundang buka puasa bersama Danone. Kali ini kita membahas Pola makan yang berubah pada saat berpuasa dan hari raya mendorong tubuh kita melakukan penyesuaian. Jika sebelumnya tubuh telah terbiasa mendapat asupan saat sahur dan berbuka saja, maka saat hari raya tubuh kembali menyesuaikan dengan pola makan semula.

Untuk itu menjaga asupan gizi dan air bagi keluarga pada saat berpuasa sangatlah penting. “Keluarga memiliki peran yang sabgat berarti dalam menjaga asupan gizi dan air. Orang tua harus dapat memastikan hidangan sahur keluarga berpedoman pada gizi seimbang. Adapun di hari raya, orang tua juga harus menjaga agar anggota keluarganya tetap mempertahankan keseimbangan asupan gizi mauoun hidrasi,” ujar Dr.dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik dalam acara buka puasa bersama Danone Indonesia di Jakarta, Sabtu (25/6).

Gizi ditegaskan Inge tidak boleh kekurangan maupun berlebihan karena keduanya dapat mengganggu kesehatan. Data Riskesdas 2013 mengungkapkan bahwa satu dari tiga anak usia sekolah cenderung bertubuh pendek. Hal ini merupakan indikasi kekurangan gizi menahun yang dapat beresiko pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Data ini menunjukkan bahwa 45 persen wanita Indonesia usia produktif (termasuk ibu hamil) mengalami kurang energi kronis yang dapat memengaruhi produktivitas dan beresiko mengalami gangguan kehamilan nantinya.
Sebaliknya data Riskesdas 2013 juga menunjukkan bahwa prevalensi berat badan berlebih dan obesitas pada populasi dewasa di Indonesia mencapi 13,5 pesen dan 15,4 persen.

Menurut dr. Inge orang tua dapat berpedoman pada “Piringku Makanku” untuk menyediakan hidangan dari berbagai kelompok makanan yang berbeda, sehingga keluarga memeroleh asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat dan air yang cukup setiap sahur dan berbuka.

“Untuk porsi sekali makan, isi setengah piring dengan makanan pokok seperti nasi atau roti dan lauk pauk. Penuhi setengah bagian lainnya dengan sayur yang dilengkapi dengan buah-buahan. Batasi gula garam dan minyak,” jelas dr. Inge.

Saat sahur dan berbuka disarankan menambahkan segelas susu yang merupakan sumber protei dan kalsium sebagai bagian dari gizi seimbang. “Tidak lupa juga untuk memenuhi hidrasi dengan minum minimal delapan gelas sehari. Kita dapat menggunakan pola 2-4-2 yaitu dua gelas pada berbuka, 4 gelas pada malam hari dan 2 gelas pada saat sahur,” katanya

Lebih lanjut Arif Mujahidin, selaku Direktur Komunikasi Danone Indonesia, mengatakan Danone sebagai perusahaan memiliki komitmen untuk mendukung kesehatan melalui makanan melalui produk-produk berkualitas tinggi. “Kami juga secara berkesinambungan memberikan edukasi mengenai gizi seimbang dan hidrasi kepad masyarakat,” katanya.

Wah acaranya seru setelah buka puasa bersama juga ada bagi-bagi hadiah dan foto bersama. Terima kasih Danone atas informasi yang sangat penting untuk diaplikasikan dalam keluarga saya untuk terus menjaga asupan gizi sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting