Monday, May 2, 2016

NUTRILON ROYAL OSA Office to Office Parenting Talk Show "One Step Ahead Mom"

Posted by Kania Safitri at 7:15 AM
Hello Mom's...

Kali ini aku menghadiri acara One Step Ahead Mum, Selangkah Lebih Maju Menyiapkan Kesuksesan Anak Di Masa Depan. pada hari Jumat 29 April 2016 bertempat di Bursa Efek Indonesia - Jakarta. Dalam acara ini menghadirkan beberapa pembicara yaitu Ajeng Raviando, Psi, Psikolog Anak, Ligwina Hananto, Perencana Keuangan, dr. Bernie Endyarni, Spa (k), MPH, Pakar Tumbuh Kembang Anak, Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph.D, Praktisi Pendidikan.

Wah dari para nara sumber acara kali ini semuanya aku tertarik karena langsung dari pakarnya dan pastinya sangat bermanfaat bagi para orang tua yang sudah memiliki anak. Acara dibuka oleh MC kemudian smabutan dari Bapak Danish rahman selaku, marketing Director PT. Nutricia Indonesia Sejahtera. Kemudian dilanjutkan talkshow dari bebeapa pembicara yang telah aku sebutkan diatas.
Kali ini dr. Bernie menjelaskan tentang pentingnya pemantauan tumbuh kembang anak sejak awal kehidupannya untuk mempersiapkan masa depannya. Sebelumnya kita harus ketahui terlebih dahulu definisi dari anak berdasarkan UU No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak: seorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak yang masih dalam kandungan jadi anak bukan bentuk miniatur manusia dewasa looh... Karena seorang anak dapat tumbuh dan berkembang baik secara proporsi tubuh maupun otak. 
Faktor yang berperan dalam tumbuh kembang anak yaitu berdasarkan Genetics, Environment yaitu pola pengasuhan, stimulasi, psikologis, kesehatan dan imunisasi, kemudian faktor nutrition mencakup ASI, MP-ASI serta makanan seimbang. 

Kebutuhan dasar tumbuh kembang anak:

- Fisis Biologis: Nutrisi, imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan, pegobatan, olah raga dan bermain
- Kasih sayang : Rasa aman & nyaman, dilindungi, pola asuh demokratik.
- Stimulasi : Sensorik, motorik, emosi, kognitif, mandiri, kepemimpinan.

Kemudian dilanjutkan oleh Ajeng Raviando, Psi, Psikolog Anak yang menjelaskan tentang menggali dan mendukung potensi si kecil. Menjadi One step ahead mum merupakan hal yang penting dimana seorang ibu yang tidak hanya memahami apa yang terbaik untuk masa depan anaknya tapi juga aktif mendukung anaknya dengan mecari tahu apa potensi sang anak. 

Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan memudahkan ibu untuk mengembangkan potensinya. Untuk menjadi seorang anak yang selangkah lebih maju, anak perlu memiliki kecerdasan intrapersonal - yaitu kemampuan untuk memahami diri sendiri yang akan membantunya menghadapi situasi dan mengendalikan dirinya.

Kecerdasan itu perlu diasah, salah satu caranya adalah dengan memberikan dukungan dengan gaya belajar anak. Gaya belajar anak seperti visual yaitu dengan melihat, auditory yaitu dengan mengucapkan serta kinesthetic yaitu dengan melakukan. Kalau kita sudah tau apa kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh anak, orang tua perlu mendukungnya dengan menerapkan pola asuh yang tepat. 


Positive parenting yaitu pola pengasuhan yang menghargai sudut pandang anak dan menekankan pada sikap positif. Kiat mengasuh anak dengan cara positive parenting :

1. Jadilah model yang baik dan ajar anak dengan teladan
2. Kenali perkembangan anak
3. Luangkan waktu berkualitas dengan rutin & beri kasih sayang tanpa syarat
4. Beri dukungan, tunjukkan penghargaan dan fokus pada tingkah laku positif.
5. Berikan konsekuensi logis juga ruang untuk tumbuh dan melakukan kesalahan.
6. Tanamkan nilai-nilai
7. Lakukan diskusi dan negosiasi serta ciptakan "komunikasi efektif"
8. Bersikap tegas, disiplin, jelas & konsisten
Jembatan untuk menerapkan positive parenting adalah komunikasi efektif.

Cara menciptakan komunikasi efektif yaitu dengan dilakukan dua arah, sampaikan pesan dengan jelas agar anak mengerti dan orang tua harus bisa mendengarkan dengan hati, karena semua anak begitu ingin didengar.


Hal yang dibutuhkan orang tua dalam mengidentifikasi potensi minat dan bakat anak sejak dini yaitu :

1. Kepekaan dan kejelian
2. Pemahaman terhadap bebeapa bidang minat 
3. Observasi 
4. Eksplorasi minat
5. Pilih satu - dua lalu kembangkan
6. Kembangkan bakat anak, bukan bakat orang tua.

Kiat kembnagkan potensi bakat dan minat anak dengan :

1. Cermati berbagai kelebihan ketrampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak.
2. Bantu anak dalam meyakini dan fokus pada kelebihan diri
3. Kembangkan kepercayaan diri anak
4. Perkaya anak dengan wawasan, pengetahuan seerta pengalaman diberbagai bidang
5. Upayakan berbagai cara untuk meningkatkan minat anak untuk belajar menekuni bidang yang menjadi kelebihan 
6. Sediakan fasilitas dan sarana untuk mengembangkan bakat
7. Motivasi dan stimulasi anak dalam menekuni bakat dan minat
8. Dukung anak untuk mengatasi kendala kesulitan ketika menjalani proses pengembangan bakat & minat

Jangan lupa untuk berikan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak, serta berikan pendidikan dan pengetahuan sesuai dengan karakter anak dan siapkan serta ajarkan ketrampilan finansial masa depan anak. Jalani identifikasi potensi anak dengan bahagia sehingga ibu dan anak tidak kehilangan momen dalam menjadlin ikatan batin.


Kemudian setelah mengindentifikasi potensi anak, selanjutnya Ibu dapat melakukan perencanaan, dimana salah satunya adalah memberikan dukungan pendidikan yang tepat bagi anak. Menurut Ibu Drh. Damayanti sebagai praktisi pendidikan anak, seorang Ibu harus selangkah lebih maju dalam mempersiapkan pendidikan anak mulai dari memilih sekolah yang tepat, memberikan pendampingan di sekolah hingga menyesuaikan dengan gaya belajar anak. Karena pada dasarnya setiap anak memiliki potensi akan sesuatu hal dan pendidikan yang tepat dapat memaksimalkan potensinya tersebut. Disamping itu Ibu juga harus memasukkan berbagai aktivitas di luar sekolah yang dapat mendorong potensi anak maksimal.

Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Ligwina Hananto yang menjelaskan langkah perencanaan keuangan, terutama dalam kaitannya dengan menyiapkan dana pendidikan anak. Untuk memastikan anak dapat memperoleh pedidikan yang terbaik merupakan tugas kewajiban orang tua, sebagai One Step Ahead Mum, ibu harus merencanakan dengan cermat sejak dini agar masalah dana tidak menjadi kendala yang menghalangi langkah anak dalam menggapai cita-citanya kelak.
Nutrilon Royal percaya agar anak dapat meraih keberhasilan, seorang ibu harus "One Step Ahead" dalam mempersiapkan masa depan anaknya. Agar ibu-ibu di Indonesia dapat menjadi One Step Ahead Mum, nutrilon Royal mengajak Ibu di Indonesia untuk selangkah lebih maju dalam hal pola pengasuhan anak yang dapat dipelajari dengan mudah dan menyenangkan melalui info dan tips dari para ahli di Nutriclub - layanan digital dari Nutrilon Royal, di www.nutriclub.co.id, Facebook Nutriclub Indonesia dan Twitter @Nutrilon_ID.
Thank you for stopping by semoga postingan aku ini bermanfaat yah khususnya untuk yang sudah berkeluarga atau merencanakan berkeluarga :) See you on my next post and don't forget to follow my Blog, IG. FB and Twitter

Kania


0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting